Rabu, 24 Juli 2019

PAS di SMA 10 Kota Jambi Berbasis Android


Minggu, 16 Juni 2019 | 21:38:47 WIB


Siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi mengerjakan soal ujian semester genap menggunakan android
Siswa SMA Negeri 10 Kota Jambi mengerjakan soal ujian semester genap menggunakan android / metrojambi.com

JAMBI – Untuk pertama kalinya, SMA Negeri 10 Kota Jambi menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) genap atau ujian kenaikan kelas sudah berbasis android.

Ujian kenaikan kelas ini, mulai dilaksanakan sejak 14 hingga 21 Juni mendatang. Penggunaan android sendiri dilakukan untuk memudahkan siswa mengikuti ujian dan panitia ujian dalam mempersiapkan.

"Penggunaan android dalam ujian di SMA 10 Kota Jambi ini merupakan tahun pertama," ujar Ketua panitia PAS SMA Negeri 10, Lestari Fuji Astuti, Minggu (16/6/2019).

Dikatakannya, ujian kenaikan kelas ini diikuti 502 peserta yang terdiri dari siswa Kelas X dan Kelas XI. Sebanyak 8 ruangan ujian disiapkan untuk ratusan peserta yang dibagi menjadi dua sesi pelaksanaan.

"Kelas X pelaksanaan ujian pagi hari, kemudian disusul Kelas XI siangnya," ujarnya.

Terkait aplikasi yang digunakan, sekolah menggunakan aplikasi UKS mandiri dan sejauh ini belum ada kendala yang menghambat ujian.

“Untuk ujian ini, aplikasi android yang lainnya harus dikosongkan atau dikurangi, karena dapat menghambat aplikasi UKS. Sebab, kebanyakan siswa banyak menggunakan aplikasi yang tidak perlu," terangnya.

Menurutnya, keuntungan lain ujian berbasis android adalah, hasil penilaian akan langsung keluar setelah siswa menyelesaikan soal ujian setiap mata pelajarannya.

“Saat mengikuti ujian mata pelajaran berikutnya, siswa dapat mengevaluasi dan mempersiapkan diri lebih baik. Mereka bisa belajar dari kekurangan sebelumnya," jelasnya.

Siswa yang tidak memiliki android, dapat menggunakan laptop milik sendiri atau dapat meminjam android guru. "Tapi siswa banyak yang sudah memiliki android sendiri," pungkasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments