Senin, 14 Oktober 2019

Pelaku Begal di Sarolangun Dilumpuhkan dengan Tembakan


Minggu, 16 Juni 2019 | 22:21:28 WIB


Pelaku begal di wilayah Sarolangun yang berhasil ditangkap pihak kepolisian
Pelaku begal di wilayah Sarolangun yang berhasil ditangkap pihak kepolisian / metrojambi.com

SAROLANGUN - Jajaran Polres Sarolangun Sabtu (15/6/2019) kemarin, berhasil membekuk ET (27), salah satu pelaku begal di jalan Tripa Desa Pelawan Jaya, Kecamatan Pelawan. Korban adalah VPS (15) salah seorang pelajar SMP N 4 Sarolangun saat melintas di jalan tersebut.

Satu dari dua orang pelaku yang melakukan begal tersebut berhasil dibekuk oleh aparat kepolisian Polsek Pelawan Singkut tak lama setelah aksi perampasan kendaraan bermotor itu terjadi.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana melalui Kapolsek Pelawan Singkut Iptu A Soekany Daulay, mengatakan bahwa kejadian itu terjadi pada pagi hari sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu korban dan saksi DP menuju ke sekolah di Jalan Tripa Desa Pelawan Jaya dengan berboncengan menggunakan Sepeda Motor Honda Beat Warna Biru Putih.

Namun, tiba-tiba korban dipepet oleh Sepeda Motor Yamaha Vixion warna hitam putih tanpa nopol dari belakang dan langsung mematikan kunci kontak sepeda motor korban sehingga motor korban pun berhenti.

Saat itulah, pelaku langsung memukul tangan kanan korban dengan keras dan mendorong korban agar turun dari kendaraannya dan pelaku yang satu berteriak dengan mengancam korban agar menyerahkan sepeda motor korban, kalau tidak korban akan dibunuh.

Dikarenakan korban ketakutan dan teman korban turun dari motor kemudian pelaku menarik setang motor korban kemudian pelaku langsung membawa sepeda motor Honda Beat milik korban.

Lalu korban berteriak minta bantuan kepada masyarakat dan juga menghubungi bapak korban melalui via handphone dan masyarakat yang melintas membantu korban dengan cara menelepon Polsek Pelawan Singkut untuk meminta bantuan. Setelah mendapatkan laporan dengan Nomor : LP/B-27/VI/2019/JAMBI/RES SRL/SEK PEL. SINGKUT, tanggal 15 Juni 2019, polisi langsung bergerak cepat.

Saat itu aparat melaksanakan patroli tertutup anggota yang standby di Simpang Singkut 5 mendapatkan informasi dari anggota pospol pelawan yang melaksanakan pattup (patroli tertutup) di wilayah Kecamatan pelawan bahwa telah terjadi tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) pasal 365 KUHP terhadap anak sekolah SMP di Singkut 7.

Dengan ciri- ciri SPM milik korban yang diambil oleh pelaku Honda beat dengan No Pol BH- 2286-QR, warna biru putih, pelaku berjumlah 2 orang dengan menggunakan sepeda motor Honda Vixon warna merah putih.

Mendapat informasi tersebut kemudian personel yang standby di simpang Singkut 5 melakukan pengintaian di jalan lintas. Pada saat itu petugas melihat seorang pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi mengarah ke Rawas  dengan menggunakan sepeda motor sesuai ciri-ciri yang telah diinformasikan.

Petugas lalu melakukan pengejaran hingga sampai di Desa  Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara. Sesampainya di Desa Sungai Jauh personel memastikan bahwa sepeda motor yang dikendarai oleh pelaku tersebut adalah sepeda milik korban.

Namun pelaku terus berusaha kabur hingga akhirnya petugas memberi tembakan peringatan agar pelaku menghentikan laju kendaraannya, tetapi peringatan itu tidak dihiraukan bahkan bahkan tetap memacu laju sepeda motor.

Karena tidak diindahkan, petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku, dengan cara menembak ke arah kaki pelaku. Sehingga pelaku dapat dilumpuhkan, selanjutnya pelaku dan barang bukti sepeda motor milik korban berhasil diamankan.

“Satu pelaku berhasil melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor Honda VIXON warna merah putih ke arah Rawas, hasil interogasi pelaku yang berhasil ditangkap teman pelaku bernama Robin yang saat ini masih dilakukan pengejaran (DPO),” kata Kapolsek.

Selain itu, aparat juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 1 (satu) unit Honda Beat Warna Biru Putih, 1 (satu) lembar STNK Honda Beat Warna Biru Putih dan 1 (satu) lembar jaket merek iron stone.

“Satu pelaku yang kita amankan berinisial ET (27) asal musi Rawas, dikenakan tindak pidana Pencurian dengan kekerasan, sebagaimana yang dimaksud dalam rumusan Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara,” katanya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments