Rabu, 24 Juli 2019

Ada Aktivitas Pengolahan Minyak Ilegal di Wilayahnya, Ini Tanggapan Kades Batin


Senin, 17 Juni 2019 | 08:52:13 WIB


Terlihat sejumlah mobil pengangkut minyak ilegal di Desa Batin, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari
Terlihat sejumlah mobil pengangkut minyak ilegal di Desa Batin, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari / Metrojambi.com

MUARABULIAN - Tidak hanya di wilayah Kecamatan Muara Bulian, aktivitas pengolahan minyak hasil illegal drilling juga ditemukan di Desa Batin, Kecamatan Bajubang.

Pantauan metrojambi.com, di sepanjang Jalan Ness, Desa Batin, banyak mobil yang mengangkut minyak lalu lalang.

"Iyo, banyak (lokasi pengolahan minyak, red) di sini. Suami sayo jugo kerjo di situ. Lumayan lah gaji suami sayo. Main per hari, tergantung penjualan," ujar ibu-ibu pedagang di Desa Batin.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Batin Ahmad Yani seakan tutup mata dengan keberadaan lokasi pengelolaan minyak secara ilegal tersebut.

"Saya tidak melarang, tidak pula menyuruh. Kagek dilarang bentrok pulak dengan warga. Mayoritas orang sini dan lahannya punya masyarakat sendiri. Lagian ado royalti ke masjid, langgar dan kuburan," ujar Ahmad Yani saat dikonfirmasi.

Ahmad Yani juga mengaku tidak mengetahui siapa saja pemilik tungku di wilayahnya itu. "Sayo dak tahu nian punyo siapo. Tibo-tibo lah ado be tungku minyak di situ. Mereka juga dak melapor ke kito," tandasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments