Rabu, 16 Oktober 2019

Nama Sejumlah Jenderal Mencuat, Maju di Pilgub Jambi 2020


Rabu, 19 Juni 2019 | 10:53:25 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 mendatang, sejumlah nama bakal calon terus bermunculan. Menariknya, selain calon dari figur Partai Politik (Parpol), sejumlah nama jenderal juga disebut-sebut akan ikut bertarung merebut kursi BH 1 Provinsi Jambi.

Seperti nama Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, putra asli Kabupaten Batanghari. Selain itu, ada juga nama Brigjen Pol Syafril Nursal, putra asli Kabupaten Kerinci yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN) di Jakarta.

Selain dua figur kepolisian ini, ada juga nama Mayjen TNI Sudirman. Bahkan jenderal aktif ini sudah memasang baliho di beberapa titik di Kota Jambi dengan mengucapkan selamat Idul Fitri.

Navarin Karim, pengamat politik di Jambi menilai, nama figur dari aparat kepolisian dan TNI perlu dipertimbangkan. “Kalau untuk stabilitas oke, tapi untuk pengalaman di perintahkan perlu dipertimbangkan, karena masih menerka-nerka,” kata Navarin, Selasa (18/6/2019).

Karena, kata dia, masyarakat tidak tahu apa prestasi di pemerintahan maupun di bidang politik. “Kita tidak tahu prestasi di pemerintah apa, itu perlu kita kaji. Kita bisa saja memunculkan figur, tetapi kita perlu menganalisis sebelumnya apa prestasinya,” sebutnya.

Dikatakannya lagi, Jambi harus mencari figur spektakuler meski sulit tapi setidaknya mendekati. “Ya mencari yang terbaik dari yang baik, dan diakumulasikan dengan prestasi. Jadi yang punya prestasi yang kita pilih,” tegasnya.

Ditambahkan Navarin, Jambi ini sudah jauh ketinggalan dengan daerah-daerah lain sehingga harus punya calon yang benar-benar punya prestasi yang baik. “Jadi hanya punya akselerasi, karena Jambi sudah jauh ketinggalan dari daerah lain,” sebutnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments