Minggu, 20 Oktober 2019

Resin Jernang Sang Penyembuh Luka


Rabu, 19 Juni 2019 | 22:46:38 WIB


Tiga mahasiswi STIKES Harapan Ibu Jambi saat meneliti Jenrang sebagai obat penyembuh luka
Tiga mahasiswi STIKES Harapan Ibu Jambi saat meneliti Jenrang sebagai obat penyembuh luka / istimewa

JAMBI – Tiga mahasiswi farmasi dari kampus STIKES Harapan Ibu Jambi, Asri Yuniarti Wibowo, Dzalika Tanzila, dan Irna Dilla, saat ini tengah mengikuti program kreativitas mahasiswa penelitian dengan melakukan penelitian dengan judul “Patch Ekstrak jernang (Daemonorops Draco Bl.) SAD (Suku Anak Dalam) Jambi Untuk Pengobatan Luka Diabetes”.

Suku Anak Dalam di daerah Sarolangun, Jambi telah terbiasa menggunakan resin tanaman ini sebagai obat luka. Resin jernang tersebut diteliti mulai dari kandungan zat aktif yang dapat memberikan manfaat sebagai obat, hingga dilakukan penelitian kemampuan resin jernang tersebut terhadap penyembuhan luka.

Luka yang diderita biasanya akan mudah terinfeksi oleh bakteri, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, sehingga luka akan sulit untuk sembuh. Mahasiswa STIKES Harapan Ibu jambi juga telah melakukan pengujian yang menyatakan adanya kandungan flavonoid dan terpenoid yang terkandung dalam resin jernang tersebut.

Senyawa fitokimia tersebutlah yang mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Berdasarkan kandungan zat tersebut maka resin jernang dapat mengatasi permasalahan pada luka.

Selanjutnya dilakukan pula pengujian kemampuan resin jernang tersebut sebagai anti bakteri. Pseudomonas aeruginosa merupakan salah satu bakteri yang dapat menginfeksi luka yang telah resisten terhadap berbagai macam obat sintesis.

Hasil pengujian menunjukkan kemampuan resin jernang tersebut dapat menghambat perkembang biakkan bakteri Pseudomonas aureginosa tersebut. Dengan demikian resin jernang akan dapat mengobati infeksi yang terjadi ketika luka.

Selanjutnya akan dilakukan penelitian terhadap kemampuan mempercepat nya penutupan luka dari resin jernang yang telah di buat dalam suatu formula yang inovatif yaitu patch transdermal. Produk baru tersebut akan memudahkan pemakaian resin ekstrak jernang sebagai obat luka.


Penulis: cr1/*
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments