Jumat, 20 September 2019

Dari 24 Kuota Tambahan Haji untuk Tebo, Hanya 1 Orang yang Siap Berangkat


Rabu, 19 Juni 2019 | 21:03:22 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARATEBO - Kemenag wilayah Jambi beberapa waktu lalu menawarkan penambahan kuota haji untuk Kabupaten Tebo sebanyak 24 kursi. Namun jelang keberangkatan calon jamaah ke tanah suci, baru 1 CJH yang siap berangkat untuk tahun ini. Ini disampaikan Kasi Haji dan Umrah Kemanag Tebo, Lukman kepada media ini.

Padahal dirinya mengatakan, jauh hari pasca Kemenag wilayah Jambi menawarkan penambahan kuota, dirinya sudah menginformasikan kepada seluruh keluarga dan calon jamaah yang bakal berangkat pada pemberangkatan selanjutnya.

"Itu sudah kita sampaikan kepada seluruh warga Tebo yang mendaftar haji. Tapi yang bersedia berangkat tahun ini hanya 1 orang," kata Lukma, Rabu (19/6/2019).

Tidak dipungkiri banyaknya kendala CJH yang belum bersedia berangkat tahun ini adalah terkait kesiapan biaya dan ada juga yang ingin menunggu keluarganya. "Alasan mereka seperti itu," katanya.

Ditanya soal kesiapan dan tahapan berikutnya, Lukman mengatakan, saat ini adalah proses pembuatan paspor sudah dilakukan. Sementara untuk rekam metrik di Pijoan sedang dilakukan.

"Terus yang sedang berlangsung saat ini adalah manasik haji di tiap kecamatan. Setelah selesai di kecamatan, perkiraan Juli akan diadakan di Tebo," sebut Lukman.

Apakah ada CJH dari Tebo saat ini yang masih mengalami gangguan kesehatan, Lukman mengatakan, ada 1 orang atas nama Siti Fatimah sudah lansia. Beliau menderita penyakit jantung dan baru saja selesai menjalani perawatan di rumah sakit.

Kata Lukamn, jika hingga pemberangkatan yang bersangkutan istithoah atau secara fisik mampu, diperbolehkan berangkat. "Mudah mudahan pada hari H beliau Siti Fatimah sehat dan kuat," pungkasnya.

Untuk diketahui, Tebo tahun ini memperoleh tambahan kuota sebanyak 24. Lukmam mengatakan, pihak Kemenag sudah menginformasikan penambahan kuota haji khusus Tebo kepada jamaah, tapi belum seluruhnya terealisasi.

"Kemarin sudah kita informasikan ke calon haji, namun yang bisa memenuhi kuota keberangkatan hanya 19 orang. Sisanya belum bisa, macam-macamlah alasannya," terang Lukman.

Dengan demikian, jumlah kuota haji yang sebelumnya berjumlah sebanyak 207 calon jamaah kini bertambah menjadi 236 calon jamaah haji. "Yang 207 pendaftar pertama terpaksa harus menunggu tahapan berikutnya menjelang persyaratan yang 19 calon jamaah terpenuhi," ucapnya.


Penulis: Ade Sukma
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments