Senin, 14 Oktober 2019

Siswa SMP Mitra Tanoto Foundation Jadi Finalis FLS 2019


Senin, 17 Juni 2019 | 22:05:45 WIB


Foto bersama Duta Literasi SMP Negeri 3 Kabupaten Batanghari
Foto bersama Duta Literasi SMP Negeri 3 Kabupaten Batanghari / metrojambi.com

JAMBI – Dua siswa SMPN 3 Batang Hari dan SMP IT Ash-Shiddiiqi Batang Hari yang jadi binaan Tanoto Foundation, berhasil lolos menjadi finalis Festival Literasi Sekolah (FLS) tingkat nasional jenjang SMP tahun 2019.

Kegiatan festival literasi sekolah tingkat nasional tersebut diselenggarakan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Rencananya final festival literasi sekolah ini akan dilaksanakan di Jakarta, pada Kamis hingga Senin, tanggal 25 sampai 29 Juli 2019 mendatang.

Kepastian keberhasilan dua siswa tersebut diketahui melalui surat keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama bernomor 2013/D3/KP/2019 tentang penetapan finalis festival literasi sekolah (FLS) SMP tingkat nasional tahun 2019.  

Dua siswa tersebut adalah Rizki Pratama, siswa kelas VIII untuk ketegori cipta cerpen dan Nafisa Khairani Ariefa siswa kelas VIII, untuk kategori story telling.

Kepala SMPN 3 Batang Hari Rahmini mengaku tidak menyangka bisa meloloskan satu peserta dengan kategori story telling.  

“Bangga dan terharu, saya selalu mendorong guru untuk mengembangkan kreativitas siswa, salah satunya program story telling di sekolah,” jelasnya saat dihubungi, Senin (17/6/2019).

Lolosnya Nafisa ke tingkat nasional, kata Rahmini, merupakan hasil dari usaha guru dalam mengembangkan literasi sekolah.

“Story telling menjadi menu utama pembelajaran di SMPN 3 Batanghari, siswa tidak hanya menghafal, namun juga menalar apa yang telah dibacanya,” ujarnya.

Sementara, Rita Fitria, Kepala SMP IT Ash-Shiddiiqi, juga mengaku bangga siswanya masuk finalis festival literasi sekolah tingkat nasional.

“Guru yang mengikuti program PINTAR Tanoto Foundation membuat program menulis cerpen, dari program tersebut anak semakin percaya diri untuk membuat cerpen dengan didampingi guru,” tukas Rita.

Sebagai persiapan di tahap selanjutnya, baik Rahmini maupun Rita, menyebutkan, keduanya kompak akan melakukan pembinaan secara mendalam di sekolah.

“Harapan kami semoga di tahap selanjutnya siswa kita mendapatkan hasil yang terbaik dengan persiapan yang maksimal,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Jamilah juga bersyukur putra-putri terbaik Batanghari lolos menjadi finalis festival literasi sekolah tingkat nasional.

“Bangga ya, siswa yang lolos finalis festival literasi sekolah tingkat nasional tersebut sekolahnya menjadi mitra program PINTAR Tanoto Foundation, jadi saya ingin praktik baik yang dilakukan oleh Tanoto Foundation disebarluaskan melalui diseminasi,” ungkapnya.

Jamilah berharap lolosnya dua siswa terbaik Batanghari ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi keduanya. “Ini sekaligus sebagai kado istimewa Kabupaten Batanghari,” ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments