Jumat, 18 Oktober 2019

Sejumlah Sekolah Mulai Terapkan Ujian Berbasis Android


Selasa, 18 Juni 2019 | 22:32:39 WIB


Siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi saat mengerjakan soal ujian menggunakan android
Siswa SMA Negeri 5 Kota Jambi saat mengerjakan soal ujian menggunakan android / metrojambi.com

JAMBI – Sejumlah sekolah di Provinsi Jambi mulai tingkat SD, SMP dan SMA sederajat saat ini tengah menggelar ujian kenaikan kelas atau Penilaian Akhir Sekolah (PAS) Genap tahun ajaran 2018/2019.

Sejumlah sekolah kini mulai menerapkan sistem aplikasi android selama ujian, seperti yang dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi, SMA Adhyaksa I Jambi, dan SMP Negeri 4 Kota Jambi.

"Penggunaan sistem aplikasi android dalam ujian ini, adalah tahun pertama dilakukan sekolah," ujar Kepala SMA Negeri 5 Harun Sohar, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, aplikasi ujian bernama USBN mandiri, ini dibuat SMA Negeri 9 Kota Jambi dan penggunaannya sudah empat kali diuji coba, baik saat pelaksanaan ujian harian ataupun try out.

Harus Sohar menyebutkan, ujian kali ini diikuti sebanyak 722 siswa Kelas X dan Kelas XI. "Mereka kita bagi ke 15 ruang ujian," katanya.

Ia berharap, pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar dan SMA Negeri 5 bisa terus mengakses teknologi dunia pendidikan. "Terutama siswa dan guru dalam menggunakan teknologi informasi," paparnya.

Terpisah, Kepala SMA Adhyaksa I Jambi Juhaldi mengatakan, pelaksanaan ujian di sekolahnya telah dimulai 15 Juni lalu dan berakhir 24 Juni mendatang.

Untuk mendukung lancarnya ujian kenaikan kelas, sekolah menyediakan wifi 16 unit, server 3 unit, dan ruangan ujian 13 rombel serta 40 unit komputer.

“Soal ujian berbentuk acak, agar siswa tidak dapat melakukan kecurangan dan sistem aplikasi di kunci sehingga tidak dapat keluar aplikasi ketika mengerjakan soal,” katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments