Selasa, 22 Oktober 2019

SMP 10 Kota Jambi Sosialisasikan PPDB SMA Negeri


Senin, 24 Juni 2019 | 22:25:30 WIB


Suasana sosialisasi PPDB di SMP Negeri 10 Kota Jambi
Suasana sosialisasi PPDB di SMP Negeri 10 Kota Jambi / metrojambi.com

JAMBI - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) akan dimulai 1 Juli mendatang. Namun sejumlah sekolah mulai memberikan informasi dan sosialisasi kepada siswa yang akan melanjutkan dan orangtua siswa, sehingga nantinya informasi yang diterima tidak keliru atau salah.

Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Jambi, Senin (24/6/2019). Sejumlah siswa menyimak setiap informasi yang disampaikan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah terkait jadwal, tahapan masuk SMA Negeri.

"Karena waktu PPDB semakin dekat, makanya kita berikan sosialisasi kepada siswa," ujar Kepala SMP Negeri 10, Rubiati.

Dikatakan Rubiati, nantinya informasi yang diterima siswa dapat diteruskan kepada orangtua di rumah, sehingga saat pendaftaran tidak ada lagi orangtua yang tidak mendapatkan info dan bertanya-tanya kepada sekolah. "Sebab, sekolah juga akan disibukkan dengan PPDB SMP," jelasnya.

Menurutnya, untuk PPDB SMA Negeri tahun ini, tidak ada yang berubah dari tahun sebelumnya, hanya saja selain sistem zonasi atau jarak wilayah sekolah dari rumah lebih dijelaskan yakni menggunakan sistem lingkaran anti nyamuk.

"Meskipun jarak pandang sama, namun kalau jarak meter berbeda, siswa bisa jadi tidak diterima di sekolah tujuan," paparnya.

Untuk diketahui, PPDB SMA Negeri baru dimulai 1 hingga 6 Juli mendatang secara online. Adapun daya tampung untuk SMA dan SMK Negeri di Kota Jambi jumlahnya sudah ditentukan, sesuai kebutuhan dan kuota sekolah berdasarkan Rombongan belajar (Rombel) masing-masing sekolah.

Tahun ini, daya tampung di SMA Negeri Kota Jambi sebanyak 2.345 siswa dan daya tampung di SMK Negeri Kota Jambi adalah 2.362 siswa.

"Jadi total daya tampung SMA/ SMK Negeri Kota Jambi 4707 siswa," sebut Abdul Mukti, Kabid SMA dan SMK Didsdik Provinsi Jambi selaku Ketua PPDB.

Terkait wilayah atau zonasi sekolah yang dapat menerima siswa baru, Disdik Provinsi Jambi juga telah menentukan. Seperti SMA Negeri 1 Kota Jambi untuk zonasi I meliputi Kelurahan Sungai Putri dan Selamat, sedangkan zonasi 2 meliputo Kelurahan Legok, Pasar, Murni, Solok Sipin, dan Kelurahan Payo Lebar.

Kemudian SMA Negeri 2 Kota Jambi meliputi Kelurahan Talang Banjar, Pakuan Baru, Wijaya Putra dan zonasi 2 meliputpi Kelurahan Budiman, Rajawali, Eka Jaya, Sijenjang, Sulanjaya, Tanjung Pinang, dan Tanjung Sari.

Dilanjutkan SMA Negeri 3 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Jelutung, Thehok, Tambak Sari, Handil Jaya dan zonasi 2 meliputi Kelurahan Pasar, Lebak Bandung, Cempaka Putih, Talang Jauh, Pasar Jambi dan Payo Lebar.

Selanjutnya SMA Negeri 4 Kota Jambi meliputi Kelurahan Beliung, Rawa Sari, Simpang III Sipin, dan zonasi 2 meliputi Rawasari, Simpang IV Sipin, dan Mayang Mangurai.

Zona I SMA Negeri 5 Kota Jambi Teluk Kenali, Telanaipura, Simpang IV Sipin, dan zonasi 2 meliputi Kelurahan Kenali Besar, Buluran, Simpang IV Sipin, Pematang Sulur, serta Penyengat Rendah.

Sedangkan SMA Negeri 6 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Handil Jaya, Pall V dan zonasi 2 meliput Kelurahan Lingkar Selatan, Kenali Asam Bawah, Jelutung.

Untuk SMA Negeri 7 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Olak Kemang, Pasir Panjang, Pelayangan, Tanjung Raden, Ulu Gedong dan zonasi 2 meliputi Kelurahan Pelayanan, Telanapura, dan Jambi Timur.

Zona I SMA Negeri 8 Kota Jambi meliputi Kelurahan Pall V, Payo Selincah, Kenali Asam Bawah, Kenali Asam Atas. Zonasi 2 meliputi Kelurahan Bagan Pete, Suka Karya, dan Pall Merah.

Kemudian SMA Negeri 9 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Selincah, Tanjung Sari, Eka Jaya. Zonasi 2 meliputi Kelurahan Talang Bakung, Pall Merah, Jambi Selatan, Kumpeh Ulu.

SMA Negeri 10 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Buluran, Kenali, Pematang Sulur, Telanaipura dan zonasi 2 meliputi Kelurahan Penyengat Rendah, Teluk Kenali, Kenali Besar, Danau Sipin.

Selanjutnya, SMA Negeri 11 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Bagan Pete, Beliung, Kenali Besar, Mayang Mangurai, Rawa Sari. Zonasi 2 meliputi Kelurahan Simpang III Sipin, Kenali Besar, dan Kenali Asam Atas.

Lalu, SMA Negeri 12 Kota Jambi zonasi 1 meliputi Kelurahan Beliung, Rawa Sari, Simpang III Sipin, Simpang IV Sipin. Dan zonasi 2 meliputi Kelurahan Buluran Kenali, Penyengat Rendah, Pematang Sulur, Teluk Kenali, Telanaipura, dan Danau Sipin.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments