Rabu, 21 Oktober 2020

PPP Siapkan Elviana untuk Bertarung di Pilgub Jambi 2020


Kamis, 27 Juni 2019 | 08:19:14 WIB


Elviana
Elviana / Dok.metrojambi.com

JAMBI – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi akan digelar 2020 mendatang. Meski masih kurang lebih setahun lagi, nama sejumlah partai (parpol) mulai mempersiapkan kader terbaiknya untuk ikut bertarung.

Sama hal dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang juga akan ambil bagian. Partai berlambang kabah ini, akan mendorong kadernya untuk turut serta bertarung pada kontestasi politik lima tahunan ini.

Ketua DPW PPP Provinsi Jambi Evi Suherman mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menunggu petunjuk soal Pilgub. Kemungkinan itu akan dibahas setelah Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP pada Oktober 2019 nanti.

"Saat ini belum ada pembahasan soal dukungan di Pilgub. Mungkin setelah Mukernas nanti," katanya saat dikonfirmasi harian ini, Rabu (26/6/2019).

Setelah ada petunjuk dari DPP nantinya, kata Evi, maka pihaknya akan langsung dibuka pendaftaran bakal Calon Gubernur dan Cawagub Jambi dan bakal Calon Bupati serta Calon Walikota kabupaten/kota yang menggelar Pilkada serentak 2020.

"Karena tahapan Pilkada serentak itu kan mulai September, jadi setelah Mukernas nanti kita mulai melakukan penjaringan bakal calon," bebernya.

Sejauh ini, Evi pun mengaku sudah ada beberapa kandidat yang digadang-gadang ikut bertarung di Pilgub Jambi 2020 yang sudah berkomitmen langsung dengannya, seperti Walikota Jambi Sy Fasha dan Bupati Sarolangun Cek Endra.

"Hubungan emosional yang selalu komunikasi dan bertemu itu ada dua orang yakni Sy Fasha dan Cek Endra," ungkapnya.

Karena memang, kata Evi, baik itu Sy Fasha maupun Cek Endra pada Pilkada sebelumnya PPP mendukung keduanya selama dua periode di daerah masing-masing. "Kalau yang lain sampai saat ini belum ada komunikasi dengan kita," jelasnya.

Dia pun menegaskan, jika partainya juga tetap akan memajukan kader untuk maju baik itu sebagai Calon Gubernur Jambi atau pun sebagai Calon Wakil Gubernur. "Seperti Elviana. Beliau siap maju selagi hasil survei nanti bagus," tegasnya.

Kini memang, suhu politik jelang Pilgub di Provinsi Jambi semakin memanas. Sejumlah figur bakal calon terus mencuat ke publik, tidak hanya dari partai politik (parpol) bahkan dari figur non partai.

Sejumlah nama kepala daerah digadang-dagang akan bertarung pada Pilgub 2020 mendatang. Mulai dari incumbent Fachrori, Fasha, Cek Endra, Al Haris, Adirozal, Asafri Jaya Bakri, Sukandar, Safrial hingga Syahirsah. Belum lagi beberapa nama jenderal yang disebut-sebut siap untuk mengabdikan diri demi kemajuan Provinsi Jambi, seperti Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS, Mayjen Sudirman, dan beberapa tokoh tenar lainnya.

Namun dibalik itu semuanya, sosok mantan Gubernur Jambi, Drs H Hasan Basri Agus, menjadi orang yang paling ditakuti jika maju. Langkahnya sangat diperhitungkan para kandidat untuk bertarung. Jika ia maju, banyak calon yang memilih mundur atau jika bisa berpasangan dengan dirinya.

Bagaimana tidak, Caleg Golkar untuk DPR RI terpilih itu sangat populer di Provinsi Jambi. Berbekal kepiawaiannya ketika membawa Jambi di era keemasan saat ia menjabat Gubernur 2010-2015 lalu, HBA sangat ditakuti lawan-lawannya. Terlebih hasil survei yang menempatkan elektabilitas HBA sangat tinggi dibandingkan para calon lain.

Tak hanya itu, sosok HBA yang santun dan selalu menjalin silaturahmi dengan siapapun, menjadikan sosok HBA sangat-sangat diperhitungkan. Langkahnya untuk maju atau tidak, tentu akan menjadikan barometer Pilgub Jambi 2020 nanti.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments