Rabu, 21 Oktober 2020

Waktu Pengusulan Cawagub Jambi Tinggal 10 Hari, Partai Koalisi Belum Satu Suara


Jumat, 28 Juni 2019 | 08:41:06 WIB


Yulius Nur
Yulius Nur / Istimewa

JAMBI - Batas akhir atau deadline pengusulan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jambi untuk mendampingi Fachrori Umar hingga akhir masa jabatannya 2020 tinggal 10 hari lagi. Namun hingga saat ini belum ada keputusan siapa dua nama yang akan diusulkan untuk mengisi kursi BH 2 Provinsi Jambi.

Apalagi setiap partai koalisi mengusulkan kader partainya masing-masing. Seperti Partai Amanat Nasional (PAN). Partai pengusung pasangan Zumi Zola-Fachrori Umat di Pilgub Jambi 2015 itu mengusulkan tujuh kadernya ke DPP PAN sebagai calon pendamping Fachrori Umar.

Salah satunya adalah Ratu Munawaroh, istri mendiang mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin, ayah dari Zumi Zola. Selain Ratu, ada empat nama kader PAN lainnya seperti Madian, kemudian Nalim, mantan Bupati Merangin, Bambang Bayu Suseno (BBS) Wakil Bupati Muarojambi, serta Jefri Amas.

Sementara dua nama lainnya yaitu Dipo Ilham Jalil dan Abdul Rahman ikut mencalonkan diri. PKB juga tak mau tinggal diam, mereka juga menyiapkan 4 kader potensial untuk menduduki wakil gubernur Jambi, seperti nama Alamin Nasution, Eka Marlina, Zainal Abidin dan Handayani.

Sedangkan PBB sendiri juga menyiapkan dua nama, yaitu ketua PBB sendiri Yuliusnur dan Nasrullah Hamka. Namun hingga kini partai koalisi sama sekali belum melakukan pertemuan resmi untuk membahas dan memutuskan siapa dua calon yang akan diusulkan ke gubernur.

Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Yulius Nur saat dikonfirmasi mengaku hingga sekarang ini belum ada pertemuan resmi terkait hal itu, karena memang hampir semua partai koalisi memiliki nama yang diajukan untuk menjadi Wakil Gubernur.

"Jika masih terus ego sektoral, maka tidak akan pernah bisa bertemu," kata Yulius, Kamis (27/6/2019).

Yulius mengatakan, pihaknya ingin secepatnya pertemuan ini dilakukan. Karena jika tidak, maka hingga akhir batas waktu yang ditentukan juga tidak akan ada titik temu yang muncul. PBB sendiri kata dia, akan inisiasi pertemuan dengan partai koalisi.

"Kami dari PBB akan inisiasi pertemuan dengan koalisi untuk membicarakan ini (Wakil Gubernur, red). Sebelum minggu ini kami rencanakan koalisi akan bertemu," sebut Anggota DPRD Kota Jambi ini.

Lantas bagaimana dengan soal adanya pertemuan sebelumnya, apakah membahas cawagub? Yulius mengakui memang ada, tetapi baru sebatas penjajakan bukan pertemuan resmi.

“Memang ada pertemuan, tapi pertemuan informal, kalau untuk resminya belum ada,” ujarnya.

PBB sendiri, kata Yulius, menginginkan ada wakil gubernur Jambi. "Kita menginginkan ada, tapi prosesnya dua nama yang diusulkan hasil keputusan partai koalisi. Jadi setiap partai mengusulkan dua calon, jadi yang mengusulkan dua calon adalah dari partai koalisi," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments