Rabu, 13 November 2019

Pelajar SD Sariputra Kota Jambi Dikenalkan Alat Musik Tradisional


Kamis, 27 Juni 2019 | 16:16:49 WIB


/ Jainal Abidin

JAMBI- Untuk memberikan pemahaman dan pengalaman peserta didik dalam kebudayaan nusantara khususnya alat musik tradisional perlu dilestarikan sejak dini, terlebih alat musik tersebut saat ini jarang dimainkan karena semakin maraknya alat musik modern.

Hal inilah dilakukan di SD Sariputra Kota Jambi, siswa dikenalkan dengan alat musik tradisional yang merupakan kekayaan termahal dimiliki bangsa Indonesia seperti alat musik dari daerah Jawa Barat.

" Untuk memberikan edukasi alat musik tradisional anak," ungkap Kepala SD Sariputra Cosmin, Kamis (27/6).

Dikatakan dirinya tujuan kegiatan ini agar anak mengenal, mengetahui dan nantinya dapat belajar secara langsung alat- alat musik tradisional, terlebih alat tersebut tidak mudah dipelajari perlu keseriusan dan usaha belajar yang sulit.

"Karena dimainkan manual mengunakan tangan," paparnya.

Menurutnya ada banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dengan mengajarkan anak- anak bermain alat musik tradisional, selain mengenalkam salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia, kegiatan ini juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

"Tentunya mereka lebih kreatif," imbuhnya.

Di samping itu menjadikan peserta didik menjadi terbuka terhadap nilai-nilai kebudayaan, dan tumbuh jadi pribadi yang lebih perasa terhadap segala sesuatu yang terjadi disekitar mereka. "Terutama lingkungan sekitar mereka," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments