Sabtu, 20 Juli 2019

Inginkan Posisi Wagub Jambi, Al Amin Nasution Kumpulkan Sejumlah Parpol


Rabu, 10 Juli 2019 | 10:10:18 WIB


Al Amin Nasution
Al Amin Nasution / Instimewa

JAMBI – Molornya pengusulan dua nama calon Gubernur Jambi yang akan mendampingi Fachrori Umar di sisa masa jabatannya, ke DPRD Provinsi Jambi, dikarenakan sampai saat ini partai koalisi belum sepakat terkait siapa yang akan diajukan.

Namun belakangan, informasinya sejumlah partai koalisi sudah melakukan pertemuan. Hanya saja, dalam pertemuan itu tak semuanya partai hadir.

Rupanya, salah satu tokoh politik yang ingin maju sebagai calon pendamping Fachrori yang memiliki inisiasi pertemuan itu. Ia adalah Amin Nasution, tokoh politik yang pernah menduduki kursi DPR RI beberapa periode lalu.

Tokoh politik besutan PPP itu, diam-diam rupanya sudah membangun komunikasi dengan sejumlah Parpol pengusung Fachrori Umar. Dari 5 partai pengusung, Al Amin Nur Nasution sudah menemui tiga diantaranya, yakni Hanura, PKB, dan PBB.

Sementara PAN dan NasDem tak tampak dalam pertemuan ini. Sedangkan dua partai lain, yakni Golkar dan PPP hanya sebagai pendukung saja saat Zola-Fachrori mencalonkan diri 2015 silam.

Al Amin memang sempat moncer di karier politiknya. Dimulai dari organisasi, Al Amin pernah menjadi pengurus Golkar dan kemudian ia bergabung sebagai kader PKB sebelum akhirnya melompat ke PPP dan menduduki ketua DPW PPP Jambi 2006-2011 silam.

Dari partai inilah ia bahkan sempat duduk di DPR RI dari dapil pemilihan Bengkulu. Hanya saja, tak sampai karier nya berakhir, ia ditangkap KPK karena terjerat kasus korupsi bahkan divonis hingga 8 tahun.

Kini Al Almin kembali membangun kekuatannya. Ia berkeinginan menjadi calon Wakil Gubernur Jambi mendampingi Fachrori Umar. Mantan suami penyanyi dangdut Kristina itu, sudah menjalin komunikasi dengan Partai Hanura, PKB dan PBB.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPD Hanura Provinsi Jambi, M Yusuf. Dia menyebutkan, jika pertemuan itu terjadi Senin (8/7) kemarin, namun pertemuan itu atas undangan dari Amin Nasution.

"Beliau menyampaikan keinginannya untuk mengisi posisi Wagub Jambi," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (9/7).

Dalam pertemuan itu, Amin Nasution juga mengharapkan dukungan dari Hanura dan PBB untuk memuluskan niatnya menjadi salah satu nama yang akan diusulkan mengisi Wagub Jambi nantinya.

"Secara pribadi saya mendukung Pak Amin, tapi secara kepartaian belum kita putuskan," tuturnya.

Dia mengungkapkan, jika sejauh ini pihaknya partai koalisi bersama-sama belum melakukan pertemuan untuk membahas dua nama yang akan disusulkan ke DPRD Provinsi Jambi.

"Dengan Pak Bakri dan NasDem kami hanya komunikasi lewat telepon saja. Belum ada pertemuan semua partai koalisi," bebernya.

Dirinya pun berharap, agar pertemuan semua partai koalisi ini akan cepat terwujud supaya langkah pengisian posisi Wagub Jambi ini segera terlaksana.

"Kita berharap secepatnya, tapi memang selalu ada kendala setiap mau lakukan pertemuan, seperti adanya nomor ketua partai yang tidak aktif saat ditelepon," tukasnya.

Sementara menanggapi pertemuan tiga partai koalisi itu, Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Khusaini mengatakan, jika pihaknya tidak mendapat kabar atau tidak diundang pada pertemuan itu.

"Kita tidak dikabari soal pertemuan itu," katanya saat dikonfirmasi harian ini via ponselnya, kemarin (9/7).

Namun terkait calon Cawagub PAN sendiri, Khusaini mengatakan hingga kemarin pihaknya masih menunggu dua nama yang diputuskan DPP PAN. "Belum keluar mudah-mudahan secepatnya," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments