Selasa, 17 September 2019

Tetap Buang Limbah, Parlaungan: Izin Perusahaan akan Dicabut


Rabu, 10 Juli 2019 | 23:04:58 WIB


Kepala DLH Batanghari Parlaungan
Kepala DLH Batanghari Parlaungan / metrojambi.com

MUARABULIAN – Dianggap melanggar aturan, saluran limbah pabrik kelapa sawit (PKS) milik PT Deli Muda Perkasa (DMP) yang berada di Desa Sengkati Baru, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Rabu (10/7/2019) sore, ditutup oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari bersama DLH Provinsi Jambi.

Penutupan dilakukan setelah sebelumnya pihak DLH melakukan pemantauan dan pengawasan. Dimana, hasil baku mutu limbah cair PKS PT DMP di ambang batas yang ditetapkan oleh kementerian.

"Kita memantau bukan satu bulan saja melainkan dari tahun 2018 lalu.  Ditahun lalu juga sudah ada peringatan agar memperbaiki baku mutunya. Maka dari itu hari ini kita ambil tindakan," ujar Kadis DLH Batanghari Parlaungan,

Akan tetapi, jika setelah penutupan tersebut pihak perusahaan tetap saja membuang limbah cairnya, maka pihak Pengawas Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Provinsi Jambi dapat meningkatkan statusnya ke ranah hukum

"Setelah ditutup ini, jika mereka tetap membuang limbah ini bisa dipidana. Izin perusahaan bisa dicabut, ini berdasarkan pasal 69 Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang PPLH," tegas Parlaungan.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments