Senin, 16 Desember 2019

4 Nama Berebut Jabatan Kepala Ombudsman Provinsi Jambi


Kamis, 11 Juli 2019 | 09:32:37 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / Istimewa

JAMBI – Seleksi untuk calon kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Jambi periode 2019-2024 sudah memasuki tahap akhir.

Plt Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi Abdul Rokhim mengatakan, dari 23 pelamar yang mengikuti ujian tertulis, hanya empat orang yang dinyatakan lulus. Mereka adalah Erwan, Hardianto, Jafar Ahmat, dan Muhammad Isral.

"Yang mengoreksi jawaban ujian tertulis peserta adalah Ombudsman pusat. Perwakilan Jambi hanya memfasilitasi saja," ungkapnya, Kamis (11/7/2019).

Rokhim menyebutkan, untuk empat orang yang tersisa ini, dalam dua hari akan mengikuti profile assesment. Ini meliputi tes psikologi yang dilaksanakan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI).

"Selama dua hari tanggal 10 sampai 11 profile assesment. Nanti pihak LPT UI lah yang menentukan siapa yang lulus profile assesment ini. Setelah itu, nama-nama yang lulus dipublikasikan ke masyarakat untuk menerima masukan, atau jika ada sanggahan dari masyarakat," terangnya.

Selanjutnya, tahapan ketiga adalah wawancara oleh Ombudsman pusat. Ditanyakan bagaimana jika yang terpilih adalah PNS? Rokhim mengatakan tidak harus mengundurkan diri dari status PNS nya.

"Yang bersangkutan selama menjabat menjadi Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi harus cuti tanpa tanggungan negara. Jika masa jabatannya telah habis, bisa kembali ke profesi awalnya sebagai PNS," terangnya.

Rokhim mengatakan, kepala Ombudsman Perwakilan haruslah orang yang berintegritas. Maka dari itu, track record yang bersangkutan harus jelas dan tidak ada masalah.

"Itulah gunanya juga kami meminta masukan dari masyarakat. Namun sebelumnya, track record pelamar telah kami periksa. Mudah-mudahan yang lulus adalah mereka yang benar-benar berintegritas," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments