Sabtu, 20 Juli 2019

Bupati Merangin Harapkan Persetujuan Dewan Terkait Rencana Peminjaman Uang


Jumat, 12 Juli 2019 | 20:25:27 WIB


Bupati Merangin Al Haris
Bupati Merangin Al Haris / Metrojambi.com

BANGKO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin berencana melakukan peminjaman uang kepada PT SMI (Sarana Multi Infrastruktur). Terkait hal ini Pemkab Merangin sudah mengirim surat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan tinggal menunggu persetujuan DPRD Merangin.

Bupati Merangin Al Haris saat dikonfirmasi mengatakan, sampai saat tidak ada masalah dengan rencana peminjaman uang kepada PT SMI tersebut.

"Kita resmi mengajukan (pinjaman, red) pada PT SMI dan sudah dikaji oleh mereka. Merangin itu layak mendapat bantuan pinjaman sekitar 200 miliar," kata Haris belum lama ini.

Ditambahkan Haris, pemerintah daerah bersama DPRD beberapa waktu lalu juga sudah ke Jakarta dan melakukan rapat dengan PT SMI. Saat ini tinggal lagi Pemkab Merangin menyurati DPRD untuk memohon izin terhadap rencana peminjaman ini.

Dikatakannya lagi, pemerintah daerah mengambil kebijakan untuk meminjam dengan PT SMI, karena PT SMI itu anak dari PT BUMN dari Menteri Keuangan, khusus untuk membantu pemerintah daerah yang terkendala dana membangun daerah.

"Itu dibolehkan, dan bunganya juga kecil. Ini yang kita coba. Pertama kita ingin memiliki rumah sakit yang bagus," kata Haris.

Terkait rencana ini, Pemkab berharap DPRD setuju peminjaman pada PT SMI, karena tujuannya untuk melakukan pembangunan infrastruktur daerah. 

"Kita sudah hitung kemarin misalnya kalau rasio pinjaman kita 150 miliar, empat tahun kita kembalikan sekitar 175 miliiar, ermasuk bunganya dan saya kira wajar lah. Kalau rumah sakit dibangun maka akan banyak PAD Merangin masuk," terang Haris.

Lebih lanjut Haris mengatakan, selain untuk pembangunan rumah sakit, pinjaman itu nantinya direncanakan untuk pembangunan infrastruktur jalan yang dinilai penting, seperti jalan menuju Tabir Timur, Nalo Tantan, Jangkat Tabir hingga Ngaol.


Penulis: Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments