Kamis, 29 Oktober 2020

Juara IYSIE Asal SMA TT Disambut di Bandara Sultan Thaha Jambi


Senin, 15 Juli 2019 | 11:21:02 WIB


/ jay/metrojambi.com

JAMBI- Setelah beberapa hari berada di Kuala Lumpur Malaysia mengikuti ajang kejuaraan Internasional Young Inventore And Exhibition (IYSIE) atau penelitian pelajar tingkat internasional yang diselenggarakan 8 hingga 12 Juli di Kuala Lumpur- Malaysia. Rombongan SMA Titian Teras (TT) Abdurrahman Sayoeti tiba di Jambi.

Kedatangan tersebut disambut langsung oleh Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi, Abdul Mukti dan mengatakan, pihaknya mengucapkan puji syukur atas tibanya para siswa yang mewakili Indonesia terlebih dari SMA TT, pendampingan, dan ketua Komite sekolah dengan selamat kembali di Jambi.

" Setelah beberapa hari mengikuti kegiatan, akhirnya mereka pulang dengan memberikan prestasi membanggakan," katanya, Senin (15/7).

Terlebih pihaknya pun dengan bangga dan sangat mengapresiasi para siswa yang telah mengharumkan Indonesia terutama Provinsi Jambi yang telah mendapatkan Juara Pertama dan Medali Emas dengan inovasi memanfaatkan Limbah sampah Kulit Bawang menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

" Kulit bawang yang biasanya dirumah kita buang, ditangan Ivka Achmad Raehan, Alwahidil Zuhri, dan Amalia Nuskiya menjadi barang luar biasa," ungkapnya.

Sehingga kata Mukti, hal ini menjadi motivasi seluruh pelajar di Jambi lebih terpancing untuk berinovasi kreatif dan mengembangkan minat bakat dalam bidang penemuan hal- hal baru dengan memanfaatkan barang yang selama ini menjadi sampah dan menganggu kehidupan di masyarakat.

" Kalau sekarang limbah sampah Kulit Bawang, bisa jadi nanti sampah- sampah yang lain," imbuhnya.

Sementara itu Ketua Komite SMA TT Abdurrahman Sayoeti Jambi, Ivan Wirata yang juga ikut mendampingi siswa langsung selama kejuaraan mengatakan, pihaknya sangat bangga kepada siswa- siswi SMA TT Abdurrahman Sayoeti Jambi yang telah berprestasi tingkat internasional.

"Terlebih saya menyaksikan langsung perjuangan anak- anak bertanding," paparnya.

Ditambahkan Kepala SMA TT Abdurrahman Sayoeti Jambi Encu Rusmana menyebutkan, dengan pencapaian prestasi tersebut, disambut dengan antusias dan bangga sekolah karena perwakilan anak didiknya telah mengharumkan bangsa Indonesia di kancah internasional dengan meraih Juara pertama dengan mendapatkan Medali Emas.

" Saya bangga dengan siswa- siswi kita yang berprestasi," imbuhnya.

Sambungnya, ketiganya juga tidak terlepas atas bimbingan dan pendampingan para guru yang selama ini memberikan ilmunya kepada siswa sehingga bisa mengalahkan pelajar- pelajar dari belahan dunia yang tentunya lebih pintar dan persiapan lebih matang dibanding utusan Indonesia.

" Terimakasih guru Irma Wachyuni Zainal," bebernya

Dikatakannya, pihaknya dinobatkan sebagai juara pertama dengan mempresentasikan membuat kertas dari daur ulang sampah kulit Bawang Putih yang selama ini dibuang atau dibakar karena tidak bermanfaat.

"Tetapi di tangan anak- anak kita, limbah tersebut dijadikan media kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi," jelasnya.

Sehingga penampilan terbaik para siswanya menjadi daya tarik dan memikat hati para juri memberikan nilai tertinggi.

Tentunya ungkap Encu, dengan prestasi yang baru diraih ini menambah rentetan medali yang selama ini sekolah kumpulkan, dan ke depan akan terus berusaha meningkatkan untuk menambah prestasi- prestasi lainnya." Kita mendorong anak- anak mengembangkan prestasi," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments