Jumat, 18 Oktober 2019

Hari Pertama Masuk Sekolah, SD Xaverius 2 Jambi Dan SMP 6 Lakukan MPLS


Senin, 15 Juli 2019 | 21:26:11 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - Hari pertama dimulai tahun ajaran baru 2019/ 2020 seluruh sekolah mengelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Termasuk Sekolah Dasar (SD) Xaverius 2 Jambi dan Sekolah Menengah Atas (SMP) Negeri 6 Kota Jambi menggelar MPLS memperkenalkan lingkungan sekolah dan aturan sekolah selama tiga hari, 15 hingga 17 Juli besok.

Kepala SD Xaverius 2 Jambi, C Mujito mengatakan, kegiatan MPLS dilakukan untuk siswa baru yang baru diterima di sekolah tersebut sehingga siswa baru lebih mengenali lingkungan sekolah baik dari fasilitas, tata letak ruang, tenaga guru dan pegawai serta aturan sekolah.

"Setelah MPLS, siswa membentuk kepengurusan kelas," katanya, Senin (15/7).
Selain itu untuk memberikan rasa percaya diri, sekolah mengimbau para orangtua hanya mendampingi dan menjaga anak di sekolah selama tiga hari, sehingga anak tidak manja saat ditinggal orangtua.

"Setelah kegiatan MPLS, siswa dilarang ditunggu orangtua," imbuhnya.

Di samping itu hari pertama sekolah, pihaknya menyerahkan penghargaan kepada siswa- siswi prestasi tahun ajaran lalu baik bidang akademik dan sekolah menyerahkan prestasi tahun lalu baik akademik maupun non akademik seperti membaca buku terbanyak diberikan penghargaan.

Secara terpisah Ketua MPLS SMP Negeri 6 Solahuddin mengatakan, kegiatan MPLS dimulai dengan kegiatan upacara bendera pembukaan kegiatan, dan dilanjutkan dengan MPLS di ruang kelas.

"Berdasarkan kelompok kelas yang sebelumnya telah dibagi," paparnya.

Sedang materi kegiatan menurut sesuai petunjuk yakni materi pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, tata tertib sekolah, kurikulum di sekolah, sosialisasi Sekolah Adiwiyata, cara belajar yang efektif, perpustakaan, kenakalan remaja dan nantinya saat penutupan dengan kegiatan gotong royong.

"Pemateri melibatkan kepala sekolah, guru, dan pendamping kegiatan ekskul," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments