Rabu, 21 Agustus 2019

Ekskul Jurnalis SMP 8 Kota Jambi Terlibat Langsung di Kegiatan MPLS


Rabu, 17 Juli 2019 | 10:04:34 WIB


Ekskul Jurnalis SMP 8 Kota Jambi Terlibat Langsung di Kegiatan MPLS
Ekskul Jurnalis SMP 8 Kota Jambi Terlibat Langsung di Kegiatan MPLS / istimewa

JAMBI- Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolan (MPLS) di SMP Negeri 8 Kota Jambi ada yang berbeda dengan sekolah lain. Pasalnya sekolah melibatkan Ekstrakulikuler Jurnalistik dalam peliputan kegiatan sekolah, para siswa mewawancarai secara langsung pihak sekolah dan nantinya mereka akan buat berita.

"Mereka wawancarai kepala sekolah, guru, dan siswa," ujar pendamping Ekskul Jurnalis SMP Negeri 8 Maya, Rabu (17/7) kemarin. Dikatakannya Maya, para siswa sebelum terjun langsung meliput telah dibekali dengan belajar bagaimana melakukan wawancara seperti Jurnalis handal dilapangan, sehingga selain bekal bagaimana menulis yang baik dan benar, siswa juga belajar liputan serta wawancara narasumber.

" Mereka dapat mengembangkan minat bakat dalam bidang jurnalistik," imbuhnya. Terlebih kegiatan ekskul Jurnalis di SMP Negeri 8 telah berjalan beberapa semester, sekolah mendatangkan pelatih profesional yang menguasai dalam bidang media, karena memang benar- benar jurnalis profesinya.

"Dan siswa mengalami peningkatan dalam penulisan berita dan wawancara," jelasnya. Ditambahkan Wakil Kesiswaan SMP Negeri 8 Sri Rahayu, kegiatan MPLS dilakukan selama tiga hari yang bertujuan memperkenalkan siswa baru kepada lingkungan sekolah mulai fasilitas sekolah, tata letak dan ruang lingkungan sekolah, aturan sekolah, para guru dan siswa lainnya.

"Sehingga KBM dimulai nanti siswa dapat mengikuti dengan baik," paparnya. Terlebih pihaknya sangat antusias pada siswa yang tergabung dalam ekskul Jurnalis, yang dapat berperan langsung meliput kegiatan MPLS selama tiga hari. "Tentunya kita dorong dan siswa untuk mengembangkan bakatnya," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments