Selasa, 22 Oktober 2019

Jalan Baru TMMD Perpendek Jarak Tempuh


Rabu, 17 Juli 2019 | 15:01:03 WIB


Warga saat melintas jalan baru yang dikerjakan lewat program TMMD
Warga saat melintas jalan baru yang dikerjakan lewat program TMMD / istimewa

JAMBI - Akses jalan baru penghubung antar RT 07 ke RT 13 memang sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh warga Desa Ladang Peris, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Jalan dibuka melalui program TMMD ke-105, Kodim 0415/Batanghari tahun 2019.

Pembukaan jalan tersebut dibantu prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Kodim 0415/Batanghari dan melibatkan warga sekitar yang saling bahu-membahu dengan budaya semangat gotong royong masih kental dalam proses pengerjaanya.

Jalan penghubung ini dibuka sepanjang 3,5 km. Proses pengerjaanya mulai sejak pra TMMD pada 24 Juni 2019 lalu. Kondisi saat ini sudah diperkirakan mencapai 80 persen.

Wagiman, salah satu warga Desa Ladang Peris yang sedang melintas di jalan baru sepulang menjemput anaknya dari sekolah mengaku sangat terbantu dengan pembukaan jalan tersebut. Menurutnya masyarakat memang sangat membutuhkan jalan ini. "Dulu kalau ngantar anak ke sekolah lewat jalan tikus, dan jarak tempuhnya sekitar 7 kilometer.

Kalau lewat jalan baru sekitar 3 kilometer. Begitu sudah bisa dilintasi, saya selalu lewat jalan ini. Karena lebih dekat, aman dan lancar," ujar Wagiman, Rabu (17/07). Hal serupa juga dirasakan Emput (46), seorang buruh tani karet yang tinggal di di RT 13, Desa Ladang Peris.

Emput mengaku lebih dekat dan lancar melintasi jalan baru. Sebelumnya ia harus melewati jarak tempuh sekitar 9 kilometer jika hendak pergi ke kebun untuk menyadap karet.

"Jalan ini otomatis dapat meningkatkan ekonomi kami. Karena biaya transportasi tidak banyak dan ongkos bawa karet lebih murah. Kami berterima kasi pada Pemda, khususnya pada TNI yang telah membantu," ujarnya.


Penulis: ***
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments