Sabtu, 23 November 2019

BPN Tanjabtim akan Terbitkan 9.000 Sertifikat Tanah


Jumat, 19 Juli 2019 | 14:44:29 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK – Pada tahun 2019 ini, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) akan menerbitkan sebanyak kurang lebih 9.000 sertifikat tanah.

Sertifikat yang akan diterbitkan tersebut terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori 7.000 bidang pendaftaran tanah sistem lengkap, dan kategori 2.000 bidang keditribusian tanah.

Daman, Kasi Penataan Pertanahan di BPN Tanjabtim mengatakan, dari 9.000 sertifikat yang akan diterbitkan itu, nantinya akan diperuntukkan bagi lebih dari 20 desa yang ada di Kabupaten Tanjabtim.

Sampai dengan saat ini, pihak BPN Tanjabtim masih tahap melaksanakan pengukuran. Kemudian dibulan oktober nantinya, ditargetkan untuk penerbitan sertifikatnya sudah optimal.

“Mudah-mudahan pada bulan November atau Desember nanti, dapat diagendakan kegiatan penyerahan sertifikatnya,” paparnya.

Ditanya terkait biaya dalam penerbitan sertifikat tersebut, Daman mengatakan tidak ada pungutan atau tanpa dikenakan biaya, karena sudah ditanggung oleh Negara.

”Kalau itu tidak, segala kegiatan dalam rangka penerbitan sertifikatnya, itu dibebankan kepada APBN,” jawabnya.

Namun dalam kegiatan pra penerbitan sertifikatnya, ia menegaskan akan dibebankan kepada masyarakat.

“Seperti kesiapan masyarakat dalam menyiapkan surat surat tanahnya, kesiapan masyarakat memasang patok pembatasnya dan kesiapan masyarakat dalam mempersiapankan bidang fisiknya. Itu kita bebankan kepada masayarakat dalam rangka penyiapannya,” pungkasnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments