Selasa, 17 September 2019

Apresiasi Penegakan Hukum Terhadap Kelompok SMB, Fachrori: Muslim Tidak Kooperatif


Jumat, 19 Juli 2019 | 14:18:10 WIB


Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS bersama Gubernur Jambi, Fachrori Umar saat menunjukkan barang bukti senjata api rakitan yang diamankan dari penangkapan kelompok SMB
Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS bersama Gubernur Jambi, Fachrori Umar saat menunjukkan barang bukti senjata api rakitan yang diamankan dari penangkapan kelompok SMB / istimewa/metrojambi.com

JAMBI - Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi penegakan hukum yang dilakukan Polda Jambi dan Korem 042/Gapu terhadap kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB) pimpinan Muslim, yang beberapa hari lalu melakukan tindakan anarkis terhadap anggota Satgas Karhutla dan fasilitas PT. Wira Karya Sakti (WKS).

"Negara harus hadir dan tidak boleh kalah oleh aksi premanisme," ujar Fachrori saat jumpa pers di Mapolda Jambi, Jumat (19/7/2019).

Terkait permasalahan antara SMB dengan PT. WKS, Fachrori mengatakan tim terpadu penanganan konflik sosial Provinsi Jambi telah berusaha semaksimal mungkin melakukan mediasi.

Selain itu, Fachrori mengatakan juga telah disusun rencana aksi terkait penanganan konflik. Namun Fachrori mengatakan kelompok Muslim tidak pernah kooperatif.

"Muslim tidak kooperatif. Tidak pernah hadir saat diundang rapat oleh tim terpadu," ungkap Fachrori.

Ia juga mengatakan tim terpadu juga sudah berupaya menemui kelompok Muslim, namun tidak membuahkan hasik. "Sudah dikunjungi. Tapi tetap saja mereka memaksakaan kehendak dan melakukan tindakan anarkis," kata Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori mengatakan, dirinya mendukung upaya penegakan hukum terhadap kelompok SMB pimpinan Muslim oleh Polda Jambi.

"Saya juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan menjaga situasi agar tetap kondusif," pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments