Senin, 23 September 2019

Pemkab Sarolangun Gelar Peringatan HANI Tahun 2019


Minggu, 14 Juli 2019 | 22:07:43 WIB


Jalan sehat salam rangka peringati HANI 2019
Jalan sehat salam rangka peringati HANI 2019 / metrojambi.com

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jambi memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2019, yang bertempat di Laman Basamo Sriwijaya, Kecamatan Sarolangun, Jumat (12/07).

Peringatan HANI ini ditandai dengan jalan sehat yang dihadiri oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjen Drs Heru Pranoto, Wakil Bupati Hilallatil Badri, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, Dandim 0420 Sarko Letkol. Kav. Rohyat Happy Ariyanto, Kepala Kantor Kesbangpol Solahuddin Nopri, serta seluruh jajaran OPD di Kabupaten Sarolangun, para camat, para kades, tokoh pemuda, Ormas/LSM, insan pers, siswa sekolah dan tokoh masyarakat yang memadati lokasi acara tersebut.

Jalan sehat dimulai dari depan Rumah Dinas Bupati Sarolangun melewati Pasar Atas Sarolangun, Simpang Raya, SMK N 4 Sarolangun Hingga Tiba di Lapangan Laman Basamo Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan ini juga dalam rangka pencanangan pembentukan Panti Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Sarolangun, yang berada di Gedung Rest Area Sarolangun saat ini.  

Bupati Sarolangun, H Cek Endra mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sarolangun untuk sama-sama memerangi narkoba, karena penggunaan narkoba akan merusak mental dan masa depan para generasi bangsa.

"Mari kita memerangi narkoba, salah satunya kita bentengi diri dengan menggalakkan salat berjamaah di masjid. Kita lakukan pencegahan agar anak-anak kita, masyarakat kita terhindar dari penggunaan narkoba," katanya.

Di samping dilakukan pencegahan terhadap penggunaan narkoba, Pemkab Sarolangun juga akan membangun Panti Rehabilitasi Narkoba di eks gedung rest area, Kecamatan Bathin VIII.

Panti rehabilitasi narkoba ini bekerja sama dan mendapatkan dukungan penuh dari BNN Provinsi Jambi dengan tujuan masyarakat yang sudah terkena narkoba dapat diobati dan dirawat agar bisa terhindar dari penggunaan narkoba yang telah merusak tatanan sosial.

"Di lokasi rest area akan disiapkan lahan seluas 10 hektare untuk pembangunan Panti Rehabilitasi narkoba ini. Bangunan sementara itu akan kita rehab jadi tempat perawatan medis, tahun 2020 nanti akan ditambah dengan unit-unit lainnya. Januari nanti kita sudah mulai terima pasien untuk perawatan di Sarolangun. Kami yang penting sudah jalan yang sementara ini ditangani oleh dinas kesehatan, khusus merawat pecandu narkoba di Sarolangun," katanya.

Sementara itu, Kepala BNN Provinsi Jambi Brigjend Drs.Heru Pranoto, mengapresiasi langkah Bupati Sarolangun H Cek Endra untuk mendirikan Panti Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Sarolangun. Ini merupakan bentuk kepedulian seorang kepala daerah terhadap rakyatnya.

"Saya apresiasi kepada Pemkab Sarolangun, Insya Allah akan dibangun tempat rehab untuk mengantisipasi dan agar tidak ada masyarakat yang terpapar narkoba, kalau ada yang terpapar segera dilakukan rehabilitasi untuk penyembuhan. Pusat rehab di Sarolangun ini, kita kerja sama, dimulai secara teknis, nanti kita berikan konseling bagaimana untuk rehab ini bisa berjalan dengan baik. Ini upaya yang sangat positif dari pemerintah daerah untuk menciptakan menyongsong Indonesia emas tahun 2045," katanya.

Usai mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HANI 2019, Bupati Sarolangun Cek Endra bertolak menuju Ex Rest Area lokasi pembangunan Panti Rehabilitasi Narkoba Kabupaten sarolangun, didampingi Wakil Bupati Sarolangun, Sekda dan Kakan Kesbangpol Solahuddin Nopri, sejumlah SKPD, Bupati melihat langsung Kondisi Gedung Rest Area yang akan di bangun menjadi Panti Rehabilitasi Narkoba Kabupaten Sarolangun.

Sebelumnya Kepala BNN Jambi Brigjend Drs.Heru Pranoto Kamis malam, melakukan pertemuan dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama di rumah dinas Bupati Sarolangun. Pertemuan ini agenda makan malam bersama Bupati Sarolangun dan sosialisasi terkait penyalahgunaan narkotika.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments