Sabtu, 19 September 2020

Pemprov Jambi akan Ambil Alih Gedung RSBI untuk Sekolah Unggulan


Minggu, 21 Juli 2019 | 14:54:09 WIB


Sekda Provinsi Jambi M Dianto
Sekda Provinsi Jambi M Dianto / Dok.metrojambi.com

JAMBI - Gedung Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang berlokasi di kawasan Pondok Meja, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi yang berstatus dipinjam pakai kepada Universitas Jambi (Unja), tahun ini akan diambil alih oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Pemprov Jambi berencana akan memfungsikan gedung RSBI tersebut sebagai sekolah unggulan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi M Dianto mengatakan, pengambilalihan tersebut juga menyusul minimnya gedung sekolah setingkat SMA dan SMK yang dimiliki Pemprov Jambi. Ditambah saat ini siswa kesulitan mendaftar ke sekolah karena aturan zonasi dan sebagainya.

"Ini sesuai keinginan era Gubernur sebelumnya, Almarhum Pak Zulkifli Nurdin (Ayah Zumi Zola) untuk membuat semacam sekolah unggul," ujarnya.

Selain itu, kata Dianto, juga dikarenakan pula tak memungkinkan Pemprov membangun dan menyewa gedung lagi. "Banyak siswa kabupaten sekolah ke kota sehingga kita kekurangan kelas belajar. Sementara kita punya gedung yang dipinjam pakai Unja," imbuhnya.

Unja sendiri sebenarnya telah dua kali mengirimkan surat ke Gubernur Jambi Fachrori Umar, agar menghibahkan gedung tersebut kepada mereka untuk bisa diperbaiki dan digunakan secara maksimal.

Namun menurut Dianto, lahan yang dimiliki Unja saat ini masih memungkinan untuk membangun gedung melalui sumber dana sendiri.

"Tanah Unja masih memungkinan untuk membangun sendiri. Dana bersumber dari Provinsi ini pertanggungjawaban kami untuk tingkat SMA dan SMK. Bagaimana kami mau memberikan kalau kami saja masih kurang," ungkapnya.

Untuk diketahui, gedung RSBI ini digunakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik, Teknologi Pertanian, Teknik Industri dan Sipil Unja yang berjumlah lebih kurang 2.500 mahasiswa.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments