Rabu, 21 Agustus 2019

Tanggapi Surat Permohonan Perpanjangan Usulan Cawagub Jambi, Nasri: Ada Tiga Opsi


Senin, 22 Juli 2019 | 16:47:08 WIB


Nasri Umar
Nasri Umar / Dok.metrojambi.com

JAMBI - Usai rapat membahas surat perihal permohonan perpanjangan waktu pengusulan dua nama Cawagub Jambi, ketua tim Panitia Seleksi (Pansel) Nasri Umar mengatakan terdapat tiga opsi yang disepakati untuk diajukan ke pimpinan DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston (CB).

Tiga opsi tersebut yakni menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Pimpinan DPRD Provinsi Jambi untuk menjadwalkan ulang.

Kedua, menyerahkan sepenuhnya ke Gubernur Jambi Fachrori Umar terkait pengusulan nama Cawagub. Dan ketiga, menutup pengusulan nama Cawagub, dengan kata lain tidak ada lagi Cawagub hingga sisa masa jabatan 2016-2021.

"Tiga opsi ditawarkan kepada pimpinan. Karena kami juga menjalankan itu kan (keputusan DPRD), jadi kami serahkan kepada pimpinan dan kami patuh dengan aturan DPRD," ujarnya di gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (22/7/2019).

Meski demikian, Pansel sendiri menyarankan kepada pimpinan untuk pilihan opsi kedua.

"Kami menyarankan, kita (Pansel, ed) tidak usah membuat keputusan," tuturnya tanpa menyampaikan secara pasti hingga kapan waktu putusan penentuan opsi tersebut.

Apabila nantinya pimpinan mengambil putusan opsi berdasarkan saran dari Pansel (menunggu dua nama dari Gubernur, red) maka, kata Nasri, pihaknya tidak akan membuat batas waktu.

"Sampai terserah kapan, habis masa jabatan mungkin hingga DPRD yang baru, silahkan. Iya kan?," bebernya.

Namun, jika ternyata opsi pertama yang diambil oleh pimpinan, berarti dia (pimpinan DPRD) membuat jadwal sesuai dengan peraturan DPRD.

"Dilindungi juga oleh undang-undang membuat jadwal. Begitu juga opsi terakhir juga dilindungi undang-undang," paparnya.

Ditanya, apapun pilihan opsi nantinya apakah akan mengganggu dan merubah APBD yang ada, Nasri mengaku tidak akan megganggu dan tidak ada perubahan. Karena, menurutnya APBD murni belum dibahas, sedangkan APBDP sudah dianggarkan untuk pemilihan.

"Tidak akan mengganggu anggaran, yang mengganggu itu ada atau tidak (wakil Gubernur) nya?," pungkasnya.


Penulis: Rina
Editor: Herri Novealdi


TAGS:


comments