Sabtu, 14 Desember 2019

Pemkab Tanjabtim Siapkan 40 Ekor Hewan Kurban


Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11:33:50 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) pada momen Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M tahun ini, menyiapkan sebanyak 40 ekor hewan kurban untuk disembelih.

Hewan kurban yang terdiri dari 35 ekor sapi dan 5 ekor sapi itu berasal dari sumbangan Bupati Romi Hariyanto serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tanjabtim.

Kabag Kesra Setda Tanjabtim Taufik mengatakan, jumlah hewan kurban tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Dimana pada tahun lalu, hewan kurban yang tersedia hanya 6 ekor sapi saja.

"Alhamdulillah, hewan kurban pada tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Puluhan hewan kurban ini merupakan hewan kurban dari Bapak Bupati, sejumlah ASN dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di lingkup Pemkab Tanjabtim," sebut Taufik, Sabtu (10/8/2019).

Dari puluhan hewan kurban tahun ini, terdapat pula hewan kurban pribadi Bupati Romi. Sayangnya Taufik enggan menjelaskan jumlah hewan kurban pribadi Bupati Romi.

"Ini ibadah beliau (Bupati Romi, red), saya rasa tidak perlu disebutkan jumlah persisnya," kata Taufik.

Berdasarkan permintaan dari pihak yang berkurban, puluhan hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan ke sejumlah masjid dii beberapa kecamatan. Tujuannya agar masyarakat yang mendapatkan daging kurban, nantinya tidak terfokus pada satu masjid atau satu kecamatan saja.

Sementara itu, terkait surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup, terkait imbauan tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah daging kurban, Taufik juga mengimbau kepada para penerima daging kurban, dapat membawa wadah sendiri dari rumah.

"Kalau bisa bawa wadah sendiri dari rumah lebih bagus. Pihak panitia qurban pun telah diingatkan terkait hal ini," ujarnya.

Lebih lanjut Taufik mengatakan, sesuai imbauan Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto, Pemkab Tanjabtim berharap jumlah hewan qurban pada tahun selanjutnya dapat lebih banyak lagi.

"Alhamdulillah jumlah hewan kurban tahun ini ada peningkatan dibanding rahun sebelumnya. Semoga tahun depan jumlah hewan kurban dapat lebih banyak lagi, ini sesuai dengan harapan Pak Bupati," harapnya.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments