Kamis, 12 Desember 2019

Forum Kades Minta Aparat Berantas PETI di Sarolangun


Selasa, 30 Juli 2019 | 22:58:12 WIB


/ metrojambi.com

SAROLANGUN – Forum Kades Kecamatan Sarolangun mendukung upaya hukum pemberantasan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang marak di daerah itu. Pasalnya aktivitas penambangan ilegal itu telah merugikan masyarakat dan terus merusak lingkungan.

Ketua Forum Kades Kecamatan Sarolangun, M. Paisol menyebutkan, saat ini persoalan PETI sudah menjadi rahasia umum. Tentunya diharapkan ada upaya penindakan tegas terhadap para pelaku.

“Jujur saja, kalau kita dari forum Kades Kecamatan Sarolangun sangat mendukung pihak kepolisian memberantas PETI ini, khususnya di Kecamatan Sarolangun umumnya Kabupaten Sarolangun,” kata Paisol, Selasa (30/7/2019).

Sebab, lanjutnya, selain dampak lingkungan dan menimbulkan penyakit, kegiatan ilegal itu memang salah di mata hukum.

“Bayangkan bertahun-tahun kita rindu air sungai yang bersih, orang mengeruk masyarakat di hilir jadi korban air keruh. Kalau lingkungan hancur kasihan anak cucu kita nanti. Yang rugi kitalah,” katanya.

Dia meyakini upaya penegakan hukum dari aparat sudah barang tentu melalui tahapan dan standar operasi yang telah ditentukan. Yang pastinya ada pendekatan sosialisasi humanis pada masyarakat.

“Kami sangat yakin aparat penegakan hukum lebih paham dengan aturan dan memiliki SOP yang jelas dalam mengambil sikap, pasti ada tahapan-tahapan yang harus mereka lalui terutama tahap sosialisasi pendekatan pada masyarakat, jika masih bandel saya rasa layak ditindak,” pungkas Paisol.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments