Minggu, 9 Agustus 2020

Gelar Rakor Evaluasi Fasilitasi Kampanye, KPU Banyak Dapat Kritik dan Saran


Rabu, 31 Juli 2019 | 14:19:07 WIB


Rakor evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019
Rakor evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019 / istimewa

JAMBI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, Rabu (31/7/2019), menggelar rapat koordinasi (rakor) evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu serentak tahun 2019. Pada rakor tersebut, pihak KPU banyak mendapat kritikan dan saran dari para undangan.

Dimana dalam acara ini, KPU Provinsi mengundang seluruh stakeholder seperti Bawaslu, kepolisian, Satpol PP, Kesbangpol, Dinas Tata Kota, Dinas Perhubungan, KPID, serta partaipolitik, media, Kopipede dan Kopi Putih.

Banyak kritikan dan saran yang diberikan kepada KPU terutama mengenai fasilitas kampanye, baik zonasi pemasangan baliho maupun APS. Seperti PAN misalnya, mengharap KPU tidak membatasi tetkait alat peraga sosialisasi (APS).

Seperti diketahui, dalam APS Caleg tidak diperbolehkan mencantumkan citra diri secara lengkap, visi dan misi, serta lambang dan nomor partai. Terkait hal ini, Sekrataris PAN Provinsi Jambi Ahmad Khusaini mengharap APS ini tidak dibatasi.

"Kami minta APS ini tidak dibatasi. Masyarakat jadi bingung karena tidak ada nomor partai. Seharusnya, ada nama dan partai dan nomornya," katanya Khusaini.

Sementara itu, Edison dari Partai Demokrat mengharap masukan-masukan yang diberikan oleh parpol di daerah hendaknya bisa diakomodir oleh KPU pusat. Karena selama ini kata dia, banyak usulan dari daerah tidak diterima oleh KPU pusat.

"Kami berharap usulan daerah dapat diakomodir oleh KPU pusat. Karena selama ini saya banyak mengikuti rapat-rapat seperti ini, banyak usulan yang kita sampaikan tapi ditolak oleh pusat," kata Edison.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments