Minggu, 29 November 2020

SD 131 Kota Jambi Beri Kesempatan Siswa ABK Berkreativitas


Selasa, 30 Juli 2019 | 16:30:27 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI – SD Negeri 131 Kota Jambi sejak beberapa tahun telah ditunjuk Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi sebagai sekolah inklusi atau sekolah yang menerima anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan kategori Intelligence Quotient (IQ) atau nilai kecerdasan rendah.

Kepala SD Negeri 131 Basyir mengatakan, tahun ajaran baru 2019/ 2020 ini, sekolah menerima peserta didik sebanyak 54 orang dan siswa berkebutuhan khusus sebanyak 7 orang di Kelas I.

"Artinya jumlah siswa ABK di SD Negeri 131 sebanyak 33 orang dari Kelas I hingga Kelas VI," jelas Basyir, Senin (29/7/2019).

Menurutnya, meskipun siswanya ada yang ABK, namun sekolah memberikan hak dan kesempatan yang sama seperti siswa lainnya dalam mengenyam pendidikan, baik dalam akademik maupun non akademik.

"Kesempatan berkreativitas mereka sama dengan siswa lain," ujarnya.

Apalagi saat ini sekolah juga mendapat guru yang ditunjuk dinas untuk mendampingi siswa ABK di sekolah. "Saat ini baru satu guru, kita butuh penambahan guru untuk mendampingi ABK," imbuhnya.

Ia berharap, siswa ABK dapat menggunakan kesempatan yang diberikan sekolah dengan mengembangkan minat dan bakat sesuai kemampuan, serta memberikan prestasi bagi sekolah.

"Selama ini siswa ABK lebih unggul dari siswa normal," katanya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments