Senin, 30 November 2020

Sekolah KWU, SMA 11 Kota Jambi Jajaki Usaha Konveksi dan Sablon


Kamis, 01 Agustus 2019 | 14:34:57 WIB


SMA Negeri 11 Kota Jambi
SMA Negeri 11 Kota Jambi / Jainal Abidin/Metrojambi.com

JAMBI- Usai ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai Sekolah Kewirausahaan (KWU), SMA Negeri 11 Kota Jambi, memaparkan rencana program yang akan dijalankan dihadapan Disdik Provinsi Jambi, guru dan siswa.

Fungsional umum Disdik Provinsi Jambi, Sofyan menyebutkan, Kemendikbud RI menunjuk 112 sekolah di Indonesia. Untuk Jambi sendiri ada 4 SMA sebagai sekolah KWU atau sekolah yang mengembangkan potensinya atau wilayah tersebut menjadi produk andalan dan salah satunya SMA Negeri 11 Kota Jambi.

"Selain SMA 11 Kota Jambi, yang ditunjuk menjadi sekolah KWU adalah, SMA 2 Tanjab Timur, SMA 1 Muara Bungo, dan SMA 18 Tebo," ujarnya, Kamis (1/8/2019).

Dikatakannya, program sekolah KWU ditunjuk oleh pusat melalui proposal yang diajukan sekolah. Pusat lantas menyeleksi dengan melihat potensi dan keunggulan sekolah. "Baru sekolah tersebut ditunjuk jadi sekolah KWU," imbuhnya.

Sofyan menyebutkan, program ini merupakan model pendidikan karakter yang dilakukan di lingkungan sekolah dalam berwirausaha.

Para guru dan siswa harus kreatif serta inovatif dalam berkreasi menciptakan sebuah produk atau jasa untuk menjadi peluang bisnis di masyarakat. "Kreatif sesuai bidang keahlian," ungkapnya.

Terlebih dalam kurikulum 2013, sekolah dituntut memberikan pelayanan pendidikan karakter kepada siswanya.

Kepala SMA Negeri 11 Irwansyah menambahkan, program sekolah KWU untuk kedepannya adalah menyampaikan arahan dan penguatan serta motivasi kewirausaan. "Siswa dan guru nantinya yang akan menjalani program sekolah KWU di SMA Negeri 11," jelasnya.

Dikatakan Irwansyah, kepala sekolah menyampaikan penguatan SDM, pembentukan kelompok dan merencanakan produk serta memotivasi pelaku kewirausaan.

"Termasuk saat ini menjajaki pengusaha konveksi dan sablon di Kota Jambi, yang nantinya menjadi relasi kewirausahaan atau memberikan motivasi di sekolah," katanya.

Ia berharap, program ini dapat berjalan sesuai yang direncanakan dan siswa memiliki bekal, sehingga ketika menyelesaikan pendidikan di SMA dapat membuka peluang usaha. "Minimal kuliah sambil buka usaha," ungkapnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments