Rabu, 1 April 2020

Terapkan K13, SMP 20 Kota Jambi Punya Sejumlah Program Andalan


Sabtu, 03 Agustus 2019 | 08:30:49 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 20 Kota Jambi untuk tahun ajaran 2019/2020 akan full menerapkan Kurikulum 2013 (K13). Sebelumnya, sekolah tersebut masih menerapkan dua kurikulum, yakni K13 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

"Mulai tahun ini, SMP 20 full terapkan K13," ujar Kepala SMP Negeri 20 Kota Jambi Jasmen Munthe, Sabtu (3/8/2019).

Tahun lalu, lanjut Jasmen, K13 hanya diterapkan untuk siswa kelas VII dan VIII. Sedangkan untuk kelas IX masih diterapkan KTSP.

Jasmen juga mengatakan jika pihaknya memiliki program andalan, dimana para guru, terutama guru piket yang bertugas secara bergantian, menyambut siswa setiap pagi ketika tiba di sekolah.

"Kegiatan menyambut siswa tiba di sekolah pukul 06.45 hingga 07.00 WIB," paparnya.

Selain itu, siswa setiap hari Rabu mulai pukul 07.00 hingga 07.20 WIB, mengikuti kegiatan keagamaan dengan melakukan kegiatan doa bersama dan membaca kitab suci sesuai agama dan keyakinan masing- masing.

"Mereka (siswa, red) dipisahkan sesuai agama masing-masing," ujarnya.

Selain itu, setiap hari Senin dan Kamis siswa muslim diwajibkan Salat Dzuhur berjamaah. Kemudian untuk kegiatan ekstrakurikuler, siswa bebas memilih sesuai minat bakat dan kemampuan dengan pendampingan para guru.

"Ekskul dilakukan usai kegiatan belajar," kata Jasmen.

Selanjutnya, sekolah juga menekankan agar siswa menjaga kedisiplinan. Siswa dilarang telat tiba di sekolah. Apabila saat kegiatan belajar ada siswa yang keluar, harus izin melalui guru bimbingan belajar atau BK, dan apabila melanggar akan diberi sanksi.

"Siswa diberi izin dengan surat izin atau kartu yang dikeluarkan oleh BK," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments