Kamis, 12 Desember 2019

Kepsek di Kota Jambi Ikuti Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah


Selasa, 06 Agustus 2019 | 14:13:12 WIB


Suasana penguatan kepala sekolah
Suasana penguatan kepala sekolah / Jainal Abidin/Metrojambi.com

JAMBI - Selama sepekan ke depan, sejumlah epala sekolah mulai dari jenjang Taman Kanak- kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi, mengikuti pendidikan dan pelatihan penguatan karakter sebagai kepala sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jambi Harwin Bantir mengatakan, diadakannya pelatihan tersebut didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 06 tahun 2018 tentang penugasan tenaga pengajar atau guru sebagai kepala sekolah.

"Artinya, kepala sekolah yang sebelumnya guru diberi bekal penguatan kepala sekolah," ujarnya, Selasa (6/8/2019).

Ditambahkan Harwin, kegiatan ini sengaja digelar selama sepekan, agar materi yang diberikan benar-benar terserap, karena kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan yang handal.

Dikatakannya lagi, penguatan kepala sekolah paling akhir dilakukan April 2020 mendatang, dimana seluruh kepala sekolah harus memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS).

Harwin menegaskan, yang tidak memiliki sertifikat kepala sekolah, tidak berhak memberikan tanda tangan pada raport hasil belajar siswa setiap semester, maupun ijazah kelulusan.

"Jadi, harus memiliki sertifikat, baru bisa tanda tangan laport ataupun ijazah," tegasnya.

Lebih lanjut Harwin mengatakan, kegiatan ini belum diikuti keseluruhan kepala sekolah karena kondisi terbatas. Apalagi biaya kegiatan saat ini ditanggung Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) dengan jumlah peserta pelatihan dari SMP sebanyak 16 orang, SD sebanyak 109 orang, dan TK sebanyak 13 orang.

"Sisanya kepala sekolah mengikuti penguatan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)," ujarnya.

Harwin berharap para peserta kegiatan ini nantinya bisa mengelola sekolah menjadi lebih baik. "Pemateri kita datangkan dari P4TK Matematika Yogyakarta," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments