Jumat, 7 Agustus 2020

Muhammad Arif: Restu Orangtua Doa Paling Ampuh


Selasa, 06 Agustus 2019 | 22:27:53 WIB


Muhammad Arif
Muhammad Arif / metrojambi.com

JAMBI – Jabatan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan (DisdiK) Provinsi Jambi, Juli lalu diserahterimakan dari pejabat lama Abdul Mukti, kepada pejabat baru yakni Muhammad Arif.

Muhammad Arif adalah putra pasangan Aroni dan Nurhayati yang lahir di Jambi pada 1 Maret 1973. Ia menikahi wanita bernama Nazariah dan memiliki satu anak bernama Fero.

Kepada media ini, Muhammad Arif mengaku, ia mengawali karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) mulai tahun 2002 setelah menyelesaikan pendidikan di Kota Jambi.

Sebelumnya ia mengenyam pendidikan Sekolah Dasar (SD) Negeri 26 Kota Jambi, SMP Negeri 7 Kota Jambi, SMA Purnama Kota Jambi, dan melanjutkan kuliah di perguruan tinggi Universitas Batanghari (Unbari) mengambil Jurusan Ekonomi.

"Saya mengawali karir di Dinas Ketenagaan Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) pada tahun 2002 sebagai staf," kata Muhammad Arif, Selasa (6/8/2019).

Pada tahun 2004, ia dipindahtugaskan atau dimutasi ke DPR Kabupaten Tebo sebagai Kasi Persidangan. Kemudian pindah lagi ke Dinas Perhubungan tahun 2006 sebagai Kabid Tehnik, dan Dinas Tata Kota sebagai Kabid.

"Dimana pun ditempatkan, saya berusaha menikmati proses setiap karir yang diamanahkan," ungkapnya.

Selanjutnya, pada tahun 2008-2013, ia ditunjuk menjadi salah satu Camat di Kabupaten Tebo. Lalu, diangkat menjadi Sekretaris Keluarga Berencana (KB) tahun 2013 dan 2014 menjadi Kabag Humas Kabupaten Bungo, 2016 menjadi Camat Kabupaten Bungo.

"Pada tahun 2017 jadi staf di DPRD provinsi, 2018 Kabid fungsional BPSDM dan di tahun 2019 menjabat Kabid Struktur, dan Juli 2019 diangkat Kabid Pembinaan SMA Disdik Provinsi Jambi," jelasnya.

Menurutnya, dirinya termotivasi semenjak mengikuti pendidikan sebagai Camat. Saat itu ia ingin keluar dari zona nyaman dalam karir demi mendapatkan karir yang lebih baik dengan belajar dari pengalaman serta terus mengasah kemampuan sesuai bidang yang ia geluti.

"Intinya banyak belajar dan bertanya kepada relasi atau rekan kerja," paparnya.

Yang terpenting sebut Arif, dukungan keluarga terutama orangtua demi kemajuan anak menjadi semangat dan kekuatan dalam berkarya. "Restu orangtua adalah doa yang paling ampuh," katanya.

Ia berharap dengan jabatan sekarang, dirinya dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan di Provinsi Jambi, terutama untuk jenjang SMA, dan diharapkan semua pihak membantu dalam pekerjaan terutama kepala sekolah.

"Sekolah dan dinas harus berkolaborasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments