Senin, 3 Agustus 2020

Undang Berbagai Pihak, BNPB Beri Pembekalan Kesiapan Menghadapi Kathula


Selasa, 06 Agustus 2019 | 22:22:04 WIB


Mayjen TNI (Purn) Amrin
Mayjen TNI (Purn) Amrin / metrojambi.com

JAMBI – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (6/8/2019), mengadakan kegiatan pembekalan untuk kesiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi. Acara berlangsung di Hotel BW Luxury, Kota Jambi.

Kegiatan pembekalan tersebut dibuka oleh Staf Ahli kepala BNPB Mayjen Tni (Purn) Drs. Amrin M.AP. Amrin menyebutkan, kegiatan pembekalan dilaksanakan selama dua hari, diikuti oleh personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), pemadam kebakaran, Korem 042/Gapu, Polda Jambi, serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Disebutkan Amrin, pembekalan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta, agar dapat menjadi lebih matang dalam menekan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Dikatakannya lagi, peserta juga dituntut untuk dapat lebih fokus terhadap pencegahan terjadinya kebakaran. “Peserta dituntut untuk bisa kerja lebih ekstra mencegah kebakaran, jangan sampai api membesar dan meluas kemana-mana," ujar Amir.

Ditambahkan Amrin, ada 10 pemateri dari berbagai instansi yang akan memberikan pemaparan. “Nantinya para peserta diharapkan dapat mengambil langkah cepat dalammencegah karhutla,” kata Amrin.

Lebih lanjut Amrin mengatakan, pembekalan ini juga untuk mengantisipasi bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan agar tidak terulang kembali. “Agar bencana asap tidak kembali terjadi lagi di Provinsi Jambi seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Amrin juga membantah kabar asap dari kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi sudah sampai ke negara tetangga. “Tidak ada, belum ada asap dari Jambi yang sampai ke negara tetangga,” tegasnya.


Penulis: Novry
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments