Rabu, 11 Desember 2019

Ranperda Perubahan APBD 2019 Disetujui DPRD Provinsi Jambi


Kamis, 08 Agustus 2019 | 11:50:17 WIB


Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, AR Syahbandar saat menandatangani berita acara pengesahan Ranperda Perubahan APBD 2019 disaksikan Ketua DPRD dan Gubernur Jambi.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, AR Syahbandar saat menandatangani berita acara pengesahan Ranperda Perubahan APBD 2019 disaksikan Ketua DPRD dan Gubernur Jambi. / istimewa

JAMBI –Setelah melalui proses panjang, akhirnya Ranperda Perubahan APBD Provinsi Jambi 2019 disetujui oleh DPRD Provinsi Jambi. Seluruh Fraksi DPRD Provinsi Jambi sepakat untuk menjadikan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan APBD tahun anggaran 2019 menjadi perda.

Hal ini terungkap dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Cornelis Buston dan didampingi oleh Wakil Ketua AR Syahbandar, serta dihadiri Gubernur Jambi Fachrori Umar.

Dalam laporan Badan Anggaran DPRD Provinsi Jambi terhadap Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019 yang disampaikan, M Juber , dimana terjadi peningkatan pada pendapatan daerah sebanyak Rp48,918 miliar atau sebesar 1,08 persen dari sebelumnya Rp4,517 triliun menjadi Rp4,566 triliun dan peningkatan pada belanja daerah sebanyak Rp409,345 miliar atau sebesar 8,50 persen dari sebelumnya Rp4,813 triliun menjadi Rp5,222 triliun.

DPRD berharap, kedepannya penentu target dan alokasi dana dalam perencanaan APBD perlu betul-betul memperhatikan upaya pencapaian target RPJMD dam mengharmonisasi upaya pencapaian visi dan misi Pembangunan Provinsi Jambi.

Hal lain disampaikan, Pemprov Jambi hendaklah perlu terus dilakukan melalui peningkatan kualitas birokrasi. Sedangkan dalam pandangan fraksi-fraksi dalam menyampaikan pendapat akhirnya banyak memberikan masukan, serta saran untuk kedepannya lebih baik.

Sementara Gubernur Jambi, Fachrori Umar mengingatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi untuk mencapai target
pembangunan yang telah ditetapkan, dengan mengoptimalkan penggunaan anggaran dalam beberapa bulan kedepan.

"Saya mengharapkan, dalam sisa waktu yang tidak terlalu lama lagi, seluruh kepala OPD dapat melaksanakan seluruh kegiatan pembangunan dengan baik dan dapat mengoptimalkan penggunaan anggaran sesuai alokasi, sehingga dapat mencapai target pembangunan yang telah kita tetapkan," harap Fachrori.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota dewan sebagai mitra kerja konstruktif yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian pembahasan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 dan hari ini telah menyetujui Ranperda tersebut," lanjut Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, dalam proses pembahasan Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 tentu terjadi situasi yang dinamis dan terdapat perbedaan yang tajam, ini bermakna sebagai dinamika yang baik dan merupakan perwujudan kepedulian bersama dalam membangun Provinsi Jambi untuk lebih baik lagi kedepannya.

"Semoga kepedulian dan kerjasama kita dalam membangun Jambi dapat terus terjalin dengan baik, sehingga program kegiatan yang telah diselaraskan dengan sasaran pembangunan nasional dengan mengacu pada peraturan yang berlaku dapat menjadi landasan dalam pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Fachrori mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dan bekerja keras dalam rangka meningkatkan kondisi makro Provinsi Jambi kearah yang lebih baik dengan dukungan situasi daerah yang kondusif, sehingga akan tercipta kepercayaan yang tinggi dari masyarakat kepada Pemerintah. 


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments