Kamis, 22 Agustus 2019

SMK 5 Kota Jambi Implementasikan Kerjasama DUDI


Kamis, 08 Agustus 2019 | 22:21:39 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI - SMK Negeri 5 Kota Jambi belum lama ini melakukan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yakni perusahaan retail untuk mendukung kompetensi siswa dalam berwirausaha.

"Sebagai awal kerjasama yang sudah disepakati, siswa kita akan melakukan magang di toko tersebut," ujar Kepala SMK 5 Kota Jambi, Mat Rikin, Kamis (8/8/2019).

Kerjasama itu kemudian berkelanjutan dan melakukan MoU, sehingga pihak relasi membantu sekolah dalam kegiatan praktikum lainnya, seperti pengelolaan laboratorium bisnis retail, magang, serta program kelas dari toko tersebut, yakni pihak perusahaan mengajar di sekolah memberikan ilmu pemasaran dan bisnis saat kegiatan belajar berlangsung.

"Karena sekolah memiliki program pembelajaran double kelas," imbuhnya.

Dikatakannya, tujuan bekerja sama tersebut untuk pelaksanaan link and match atau tindak lanjut dan jangka panjang dengan pihak kerjasama atau perusahaan.

"Dengan adanya kerjasama ini, sekolah sangat terbantu, apabila ada siswa kita yang tamat belajar bisa langsung kerja. Makanya sekarang kita implementasikan kerjasama yang sudah dilakukan," ungkapnya.

Ia berharap, kerjasama ini terus berlanjut dan sekolah semakin banyak melakukan hal serupa dengan perusahaan lain, sehingga peluang anak didik mendapat pengalaman kerja semakin luas. "Sesuai jurusan yang dimiliki SMK Negeri 5 Kota Jambi," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments