Jumat, 18 Oktober 2019

Ratusan Napi Lapas Muara Bulian Diusulkan Dapat Remisi Hari Kemerdekaan


Kamis, 08 Agustus 2019 | 21:59:10 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

MUARABULIAN – Ratusan narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Muara Bulian, Kabupaten Batanghari yang dinilai memenuhi syarat, diusulkan untuk mendapatkan remisi (pengurangan hukuman, red) khusus Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2019.

Kepala Lapas Klas IIB Muara Bulian Dwi Santoso mengatakan, saat ini ada 281 orang warga binaan di lapas tersebut. Namun yang diusulkan untuk mendapatkan remisi hanya 193 orang.

"Mereka dinilai berkelakuan baik dan memenuhi syarat lainnya," ujar Dwi saat dikonfirmasi, Kamis (8/8/2019).

“Usulan remisi ini didominasi oleh napi perkara pidana umum dan narkotika,” kata Dwi menambahkan.

Ditambahkan Dwi, jika usulan tersebut disetujui maka akan ada 3 orang napi yang langsung bebas. “Jika disetujui, maka tiga orang akan langsung bebas. Ini karena jika dipotong remisi maka masa tahanannya habis,” terang Dwi.

Lebih lanjut Dwi mengatakan, memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan RI tahun ini, pihaknya juga menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan warga binaan. Disebutkan Dwi, kegiatan yang diadakan seperti lomba catur, futsal, tenis meja, dan volly.

"Kita harapkan semua warga binaan dapat mengikuti semua program dengan optimal. Semakin banyak warga binaan yang paham dengan mengikuti program pembinaan akan mempermudah dan menambah pembinaan lanjutan atau bebas bersyarat. serta menambah pengetahuan mereka sebagai bekal keluar nanti," pungkasnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments