Jumat, 13 Desember 2019

PBB Usulkan Calon Alternatif untuk Posisi Wagub Jambi


Jumat, 09 Agustus 2019 | 08:52:59 WIB


Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Yulius Nur
Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Yulius Nur / Istimewa

JAMBI – Empat partai koalisi di luar NasDem, yakni PAN, Hanura, PKB, dan PBB, seperti belum benar-benar solid untuk pengajuan dua nama calon wakil gubernur (Cawagub) Jambi sebagai pendamping Gubernur Fachrori Umar.

Ini setelah PBB yang sebelum disebut sepakat mengusulkan nama A Rahman dan Amin Nasution, kini mengusulkan calon alternatif sebagai pendamping Fachrori Umar hingga akhir masa jabatan periode 2016-2021.

Ketua DPW PBB Provinsi Jambi Yulius Nur mengatakan, terkait nama Cawagub partainya memiliki calon alternatif. Bahkan diakuinya jika keinginan tersebut sudah disampaikan ke koalisi partai.

"Kita mengusulkan ke teman-teman koalisi calon alternatif di luar dua nama yang ada ini," kata Yulius Nur, Kamis (8/8/2019).

Menurutnya, untuk mengusulkan nama Cawagub harus memiliki beberapa kriteria, seperti memprioritaskan ketua-ketua partai dan juga para kader partai.

"Yang ketiga tentu dapat diterima di semua kalangan baik koalisi maupun Gubernur," ujarnya.

Dikatakannya lagi, keinginan PBB ini juga sudah disampaikan ke koalisi, hanya saja belum secara formal. "Baru secara personal, belum bisa disebut nama partai," sebutnya.

Disinggung mengenai siapa calon alternatif tersebut, anggota DPRD Kota Jambi aktif ini enggan membeberkannya. Namun saat ditanya kesiapannya selaku ketua partai, sekiranya namanya yang diusulkan apakah siap?

"Saya siap," ujarnya singkat.

Yulius Nur juga mengatakan jika DPP PBB terus memantau perkembangan terkait pengajuan nama Cawagub Jambi, dan pihaknya terus berkonsultasi dan melaporkan segala sesuatu ke DPP.

Soal rencana pertemuan dengan Gubernur Jambi Fachrori Umar selaku pembina partai politik dan juga merupakan dewan pembina partai NasDem, Yulius Nur mengaku belum mendapatkan konfirmasi dari PAN selaku inisiator pertemuan.

"Kan mereka masih di luar kota," sebutnya.

Ditanya terkait respon Gubernur Jambi Fachrori yang seakan kurang sreg dengan nama A Rahman dan Amin Nasution, Yulius Nur mengatakan jika surat usulan tersebut belum sampai ke Gubernur.

"Kan surat belum sampai ke Pak Gubernur, itu di luar kewenangan saya apakah berkenan atau tidak. Tapi sebagai orang politik seharusnya kita bisa membaca tanda-tanda," katanya.

Terpisah, Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi Ahmad Khusaini enggan mengomentari terkait sikap PBB yang menyiapkan nama lain di luar dua nama yang sudah disepakati tersebut.

"No comment lah kalau soal itu, biar kawan-kawan (wartawan, red) yang nilai sendiri lah," katanya saat dihubungi via ponsel, Kamis (8/8/2019).

Namun diakui Khusaini jika pihaknya belum mengetahui perihal tersebut, karena kata dia belum dibahas di koalisi. Sementara terkait rencana pertemuan koalisi dengan Gubernur Jambi Fachrori Umar, Khusaini mengaku belum mendapatkan jadwal dari pihak Pemprov Jambi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments