Rabu, 21 Agustus 2019

Sisihkan Penghasilan, Tukang Sol Sepatu Sediakan Makan Minum Gratis untuk Jamaah Salat Jumat


Sabtu, 10 Agustus 2019 | 20:32:54 WIB


Hasanudin saat membagikan makanan dan miniman gratis untuk jamaah Masjid AT Taqwa Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamaan Kotabaru, Kota Jambi
Hasanudin saat membagikan makanan dan miniman gratis untuk jamaah Masjid AT Taqwa Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamaan Kotabaru, Kota Jambi / Metrojambi.com

JAMBI - Ada pemandangan menarik setiap hari Jumat di Masjid AT Taqwa Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi. Setiap hari Jumat, tersedia makan minum gratis bagi jamaah yang datang untuk melaksanakan Salat Jumat.

Menariknya, makan minum gratis tersebut tidak disediakan oleh pengurus masjid. Melainkan oleh pasangan suami istri Hasanudin (50) dan Yanti (50), warga RT 39 Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

Sejak beberapa waktu lalu, Hasanudin dan istrinya rutin menyediakan makan minum gratis bagi jamaah Salat Jumat di Masjid AT Taqwa Kelurahan Kenali Asam Bawah.

Hasanudin sendiri sehari-hari bekerja sebagai tukang sol sepatu di Pasar Impres Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi. Sedangkan sang istri berjualan kue keliling.

"Sehari-hari saya kerja ngesol sepatu. Kalau ibu (Yanti, red) jualan kue keliling," ujar Hasanudin saat dibincangi awak media, Sabtu (10/8/2019).

"Anak saya tiga. Yang paling besar cowok, dua lainnya cewek," sambung Hasanudin.

Hasanudin menceritakan, ia dan keluarga memang bermiat untuk berbagi rezeki dengan menyediakan makan minum gratis untuk jamaah. Dikatakan Hasanudin, kegiatan tersebut telah dilakukannya sejak tiga bulan belakangan.

"Baru tiga bulan. Baru sekitar 10 kali jumatan," kata Hasanudin.

Dikatakannya lagi, ada sekitar 300 buah makanan yang disediakan setiap Jumat. Selain itu, ada juga berbagai jenis minuman, mulai air mineral hingga es sirup.

Hasanudin dan istrinya membagikan makanan dan minuman gratis tersebut di halaman masjid. Usai Salat Jumat, para jamaah dapat menyantap makanan dan minuman yang disediakan.

"Mudah-mudahan dengan cara ini bekal kami untuk (akhirat, red) nanti bisa bertambah," ucap Hasanudin.

Untuk menyediakan makanan dan minuman gratis tersebut, Hasanudin mengaku setiap hari selalu menyisihkan penghasilan yang ia dapatkan. Dikatakan Hasanudin, ia menyisihkan penghasilan mulai dari hari Sabtu hingga Kamis.

"Nanti hari Jumat barulah dibelikan makanan dan minuman," ujarnya.

Namun setiap harinya, Hasanudin mengaku pendapatannya tidak menentu. "Pendapatan ngesol sepatu tiddak menentu berapa banyak. Kadang bisa rame, dan bisa juga tidak dapat sama sekali. Yang penting ikhlas dan sabar," ungkapnya.

Sementara itu sang istri, Yanti, mengaku menjajakan kue yang sebelumnya diambil dari orang lain. Yanti juga mengaku penghasilannya tidak menentu.

"Saya cuma ngambil kue dari orang, terus saya jual keliling. Kadang habis kadang juga tidak. Jualan dari pagi sampai siang, kadang siang tidak habis," ungkapnya.

Dia mengaku berjualan kue sudah 20 tahun. Yanti juga mengaku menyisihkan penghasilannya untuk menyediakan makanan dan minuman gratis bagi jamaah Masjid AT Taqwa.

"Saya sisihkan 10 ribu setiap hari untuk tambahan di hari Jumat," pungkasnya.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments