Sabtu, 16 Januari 2021

Cek Endra Minta Camat dan Kades di Sarolangun Pantau Karhutla


Minggu, 11 Agustus 2019 | 21:24:16 WIB


Bupati Sarolangun Cek Endra
Bupati Sarolangun Cek Endra / dok.metrojambi.com

SAROLANGUN - Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sarolangun terus terjadi. Dampaknya, kabut asap kian mengganggu dan mencemarkan udara di wilayah itu.

Bupati Sarolangun Cek Endra meminta semua instansi terkait dan masyarakat harus peduli akan masalah ini.

“Sesuai arahan Pak Presiden memang harus ada kepedulian kepala daerah, pak dandim, pak Kapolres untuk sama-sama, kita sudah keluarkan maklumat siaga Karhutla,” kata Cek Endra, Minggu (11/8/2019).

Ia memerintahkan Camat dan Kepala Desa untuk menjaga wilayahnya masing-masing agar tidak terjadi Karhutla. Sebab, saat ini kebakaran lahan sudah mulai marak terjadi di beberapa wilayah dalam Kabupaten Sarolangun, yang tentunya harus menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Sarolangun.

“Kita instruksikan kepada camat dan kepala desa menjaga wilayah masing-masing agar tidak ada masyarakat yang membakar lahan dan bekerja sama dengan TNI/Polri, sehingga jika terjadi kebakaran kecil bisa diatasi dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, katanya kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Sarolangun masih bisa diatasi dengan baik, dan belum ada kebakaran lahan yang melampaui dari dua hari. Namun, ia memastikan setiap ada titik hotspot yang terpantau, Pemkab Sarolangun akan langsung tanggap turun ke lapangan.

Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya di daerah yang sulit kendaraan atau terjal, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Lebih baik kita mencegah dari pada kita begitu timbul kebakaran lalu kita padamkan. Maka saya imbau kepada masyarakat terutama daerah yang terjal agar tidak membakar lahan, dan saya imbau camat dan kepala desa jaga wilayahnya masing-masing,” ujarnya.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments