Sabtu, 24 Oktober 2020

Dinkes Muaro Jambi Siapkan Posko Karhutla di Sejumlah Pustu


Senin, 12 Agustus 2019 | 10:55:22 WIB


Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Yes Isman
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi, Yes Isman / istimewa

SENGETI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaro Jambi melalui Dinas Kesehatan setempat menyiapkan posko kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di beberapa puskesmas yang ada di Kabupaten Muarojambi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi Yes Isman mengatakan, penyediaan posko kesehatan Karhutla ini menyikapi kabut asap yang terjadi di Kabupaten Muarojambi. Adapun posko-posko karhutla yang disiapkan tersebut berada pada daerah ang terjadi kebakaran saat ini.

"Ini kita tempatkan di wilayah yang kena dampak asap karhutla. Pustu (Puskesmas Pembantu) Arang-arang, Pustu Sipin Teluk Duren, Pustu Teluk Raya, dan Pustu Pemunduran," ujar Yes Isman, Senin (12/8/2019).

Lebih lanjut, Yes Isman menyebutkan bahwa trend Indek Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) fluaktif. Hal ini terlihat dari laporan ISPA pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2019.

"Trend per minggu kasus ispa minggu 20-minggu 32 bulan Juni sampai agustus. Secara laporan pada minggu ke 20 di bulan Juni jumlah kasus ispa di Kabupaten Muaro Jambi berjumlah 968," terangnya

Sementara itu, pada minggu ke 31 di Agustus 2019 mengalami kenaikan menjadi 1.107. Hal tersebut juga menjadi pertimbangan Dinas kesehatan Kabupaten Muarojambi dalam membuat posko karhutal di beberapa Puskesmas.

"Untuk itu, kita harapkan kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau ruangan. Banyak-banyak minum air putih," pungkasnya.


Penulis: Sudir Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments