Selasa, 10 Desember 2019

Hari Ini 55 Caleg Terpilih DPRD Provinsi Jambi Ditetapkan


Senin, 12 Agustus 2019 | 13:26:02 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, akan menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Jambi hasil Pemilu 17 April 2019 lalu.

Pleno penetakan Caleg terpilih ini digelar di Swiss Belhotel, Kota Jambi hari ini, Senin (12/08).

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Apnizal mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari putusan MK. Dimana dalam putusannya pada Kamis lalu, MK memutuskan menolak 3 gugatan PHPPU Pemilu dari Provinsi Jambi, salah satunya gugatan di Dapil Kota Jambi.

"Ini merupakan tindaklanjut dari putusan MK. Jadi kita menetapkan perolehan suara partai dan perolehan kursi," kata Apnizal.

Dikatakan Apnizal, tidak ada yang berubah dalam penetapan ini. Hanya pihaknya harus menunda penetapan ini lantaran menunggu proses gugatan di MK selesai. "Tidak ada yang berubah, karena semua gugatan ditolak," sebutnya.

Dalam acara yang akan digelar malam ini, pihaknya sudah menyebarkan undangan ke partai politik, saksi dan stake holder. "Persiapan sudah rampung," ujarnya.

Sebelumnya, hakim MK memutuskan 6 gugatan PHPU Pileg 17 April 2019 yang diajukan oleh enam Partai Politik (Parpol) di Provinsi Jambi.

Dari enam gugatan yang diajukan oleh masing-masih pemohon, yakni PDIP, PKB, Demokrat, Berkarya, PBB, dan Hanura, tidak satupun yang dapat diterima.

Enam gugatan tersebut ada yang dinyatakan ditolak, dan juga tidak dapat diterima. Seperti diungkapkan Komisioner KPU Provinsi Jambi Sanusi. Dia mengatakan, putusan tersebut telah dibacakan dan semuanya ditolak.

"Semuanya ditolak," katanya usai pembacaan putusan oleh hakim MK, Rabu (07/08/2019) malam.

Dijelaskan Sanusi, putusan MK itu terdiri dari 3 bentuk. Untuk gugatan yang masuk tahap pembuktian, yaitu ditolak, tidak dapat diterima, dan gugur.

"Untuk tiga gugatan yang masuk tahap pembuktian dengan pemohon PBB, PDIP dan PKB semuanya ditolak," katanya.

Sementara dua gugatan yang tidak masuk tahap pembuktian yang diajukan oleh Demokrat dan Hanura dinyatakan tidak dapat diterima.

"Sedangkan Berkarya dinyatakan gugur oleh hakim MK. Jadi semua gugatan tidak ada yang dikabulkan oleh MK," tandasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments