Selasa, 10 Desember 2019

Napi Lapas Kualatungkal Perintahkan Pengiriman 1 Kg Sabu


Selasa, 13 Agustus 2019 | 21:24:08 WIB


Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS saat menunjukkan barang bukti 1 kg sabu yang berhasil diamankan
Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS saat menunjukkan barang bukti 1 kg sabu yang berhasil diamankan / metrojambi.com

JAMBI – Tim Opsnal Subdit III Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jambi berhasil menggagalkan pengiriman narkotika jenis sabu-sabu seberat 1 kg dari Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dengan tujuan Pulau Kayu Aro, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Tiga orang pelaku juga berhasil ditangkap. Ketiganya adalah Raju Kumar Ardiansyah (24), Rendy Fernando (30), dan Dion Erlangga (23), yang merupakan warga Kabupaten Muaro Jambi. Penangkapan dilakukan di kawasan Pasar Kalangan, Km 16 Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi.

Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan, pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019, Tim Opsnal Subdit III Ditresnarkoba Polda Jambi yang dipimpin Ipda Deri Oki Wicaksono, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada kendaraan jenis pick up yang membawa narkotika dari arah Palembang menuju Jambi.

Setelah dilakukan pemantauan dan pengintaian, sekira pukul 09.30 WIB tim melakukan penyetopan terhadap mobil Carry pick up warna hitam nopol BH 8031 GC, yang dikendarai dua orang pria (Rendy Fernando dan Dion Erlangga). Namun mobil tersebut tidak mau berhenti.

Tembakan peringatan yang dilepaskan juga tidak diindahkan. Akhirnya Tim Opsnal Subdit III Ditresnarkoba Polda Jambi melakukan pengejaran hingga ke Pasar Kalangan Kecamatan Mestong.

Di pasar kalangan tersebut kedua pelaku lantas melarikan diri. Kemudian salah seorang anggota mengarahkan tembakan ke kaki salah satu pelaku yang menyebabkan pelaku terjatuh, sedangkan satu pelaku lainnya sambil berlari sembari membuang barang yang diduga narkotika.

Namun tidak lama kemudian Tim Opsnal berhasil menangkap pelaku tersebut dan selanjutnya disuruh ambil barang yang dibuang tersebut dan diakui barang tersebut (helm merah yang didalamnya ada isi bungkusan plastik putih alfamart) adalah barang yang dibuang dan barang tersebut adalah narkotika.

Para pelaku selanjutnya dikumpulkan jadi satu dan dilakukan penggeledahan badan dan didapati HP. Dari interogasi lapangan, selain mereka berdua, ada pelaku lain atas nama Raju menggunakan sepeda motor sebagai penyapu atau pemantau jalan. Berbekal informasi tersebut, Tim Opsnal lantas melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap Raju.

Menurut keterangan dari pelaku, narkotika yang dibawa atas suruhan ayah Raju yang bernama Budi Buntung, yang saat ini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Kualatungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

“Pelaku diperintahkan mengantar barang haram ini ke Pulau Kayu Aro,” ujar Muchlis.

Guna proses lebih lanjut, saat ini ketiga pelaku beserta barang bukti diamankan di Mapolda Jambi. Pihak kepolisian juga telah melakukan tes urine terhadap ketiga pelaku, dimana Raju dan Dion hasilnya positif.

“Saat ini kita masih melakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut,” pungkasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments