Minggu, 8 Desember 2019

SMP 22 Kota Jambi Juara Bakiak Tingkat Provinsi


Selasa, 13 Agustus 2019 | 23:06:06 WIB


/ metrojambi.com

JAMBI – Tak hanya berhasil dalam prestasi akademik, SMP Negeri 22 Kota Jambi juga mampu berprestasi bidang non akademik, seperti bidang olahraga atau permainan tradisional yang saat ini jarang dimainkan dan nyaris punah.

"Alhamdulillah SMP 22 Juara 2 putra dan Juara 3 putri cabang permainan bakiak tingkat Provinsi Jambi," ujar Kepala SMP Negeri 22, Erdalena, Selasa (13/8/2019).

Siswa yang berhasil memberikan prestasi adalah, Novrian Saputra dan M Suprianto dari Kelas IX C, Praja Tua Marihat, Sugi Ariyanto, dan M Azhari dari Kelas IX F. Kemudian Theresia Br Malau, Zsa Zsa Mayola dan Cindi Apriyanti ketiganya dari Kelas IX E, Nurjani dan Pebri dari Kelas VIII B.

Erdalena menyebutkan, pihaknya tidak hanya fokus pada prestasi anak didik dalam bidang akademik atau mata pelajaran, bidang non akademik khususnya permainan tradisional nusantara juga menjadi perhatian sekolah.

"Sebab kita merasa prihatin lantaran saat ini banyak permainan tradisional sudah mulai ditinggalkan anak-anak," imbuhnya.

Makanya, kata Erdalena, pihaknya menganjurkan kepada seluruh peserta didik mengetahui dan mengenal permainan tradisional. Bahkan peserta didik dianjurkan dapat memainkannya dengan baik.

“Jangan hanya fokus dengan permainan modern atau gadget yang bisa merusak saraf otak. Dengan lingkungan juga tidak bersosialisasi akibat asyik dengan permainan di rumah atau dalam kamar,” jelasnya.

"Saat ini, sekolah baru fokus permainan bambu kelompok, dan ke depan akan dikembangkan dengan permainan tradisional lainnya," ungkapnya.

Ia berharap, permainan tradisional di lingkungan sekolah atau masyarakat dapat dikembangkan, sehingga tidak hilang dimakan zaman dan tinggal kenangan. "Mari kita lestarikan dari sekarang," ujarnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments