Kamis, 12 Desember 2019

Caleg Terpilih di Muaro Jambi Diduga Berstatus Tersangka, KPU Lakukan Penelusuran


Rabu, 14 Agustus 2019 | 11:17:07 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAMBI – Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Muaro Jambi yang terpilih dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April 2019 lalu, telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (12/8/2019) lalu.

Baru saja ditetapkan, beredar isu jika salah satu Caleg terpilih di Muaro Jambi berstatus tersangka. Isu ini kemudian mendapat perhatian dari KPU Provinsi Jambi. Pasalnya, KPU tentu tak mau kecolongan.

Komisioner KPU Provinsi Jambi M. Sanusi mengatakan, saat ini pihaknya sudah minta kepada KPU Muaro Jambi untuk mendalami informasi tersebut.

"Jika memang ini benar, KPU Muaro Jambi harus bersurat ke Gubernur agar Caleg tersebut tidak dilantik," kata Sanusi ketika dikonfirmasi, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, permasalahan yang seperti ini, harus benar-benar dikejar. Karena info tersebut harus ada bukti dokumennya. Karena tanpa bukti itu tidak akan bisa dieksekusi.

"Harapannya kepada lembaga yang berwenang, ketika ada kejadian seperti itu untuk bisa koordinasi dengan KPU karena ini menjadi penting," sebut Sanusi, Divisi Teknis KPU Provinsi ini.

Disebutkan Sanusi, pada tahun 2014 pernah terjadi di daerah di Jawa, dimana ada Caleg berstatus tersangka dan akhirnya tidak dilantik. Untuk kata dia, harus benar-benar dipastikan.

Terpisah, komisioner KPU Muaro Jambi Edison mengatakan, memang ada indikasi yang menyebutkan hal demikian. Namun saat ini isu tersebut sedang ditelusuri ke Polres Muaro Jambi.

"Ketua dan Divisi Teknis memastikan itu ke Polres," katanya.

Dirinya pun mengaku jika sejauh ini belum ada bukti otentik yang membenarkan terkait informasi tersebut. "Sampai saat ini kami belum ada bukti otentik yang menyatakan itu, saat ini masih dipastikan. Caleg yang diindikasikan bermasalah ini adalah dari PAN," tandasnya.

Sementara Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Ahmad Khusaini saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya belum mengetahui masalah tersebut. “Saya tidak tahu masalah itu, silahkan tanya ke pihak berwajib,” ujarnya singkat.

Sedangkan Caleg terpilih yang diduga menyandang status tersangka itu, belum bisa dikonfirmasi Metro Jambi. Saat dihubungi, dirinya tidak mengangkat telepon.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments