Minggu, 20 Oktober 2019

Jual Barang Hasil Kejahatan di Facebook, Pelaku Perampasan Sepeda Motor Ditangkap


Rabu, 14 Agustus 2019 | 13:07:49 WIB


/ metrojambi.com

SAROLANGUN – Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Pelawan Singkut, Polres Sarolangun, Senin (12/8/2019), berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) yang dilaporkan oleh Jbl (14), warga Desa Pelawan 12 Agustus 2019 lalu.

Dalam laporan tersebut pelapor mengakui sepeda motor yang digunakannya telah dirampas oleh pelaku pada Minggu (11/8) sekitar pukul 17.30 WIB di jalan Lintas Simpang TPA Desa Bukit Kecamatan Pelawan Sarolangun.

Atas laporan ini pihak kepolisian kemudian langsung melakukan penyelidikan. Alhasil didapatkan informasi jika sepeda motor korban muncul di group facebook jual beli Hp Cod Singkut Sarolangun.

“Terungkapnya setelah anggota melakukan penyelidikan dan didapatkan informasi sepeda motor korban Honda Beat warna merah putih ada di jual di Aplikasi Facebook dengan harga Rp 4.000.000 oleh pemilik akun Facebook inisial BA,” kata Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, S.IK, M.AP melalui Kapolsek Pelawan Singkut Iptu A Soekany Daulay, Rabu (14/8/2019).

Setelah adanya informasi awal itu kemudian petugas dilakukan pencarian mengungkap akun yang berinisial BA. Saat dilacak BA tersebut beralamat di Blok G Sp. 7 Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara Provinsi Sumatera Selatan.

“Kemudian Personil Unit Reskrim menuju ke lokasi tersebut mencari BA dan pada saat di dilakukan pencarian ternyata BA bernama AM yang sedang berada di rupit Sedang Magang di Pol PP Kabupaten Musi Rawas Utara,” terang Soekany Daulay.

Tak tunggu lama, masih kata Kapolsek, sekitar pukul 15.00 Wib Personil Unit Reskrim Polsek Pelawan Singkut kemudian menuju ke Muara Rupit mencari keberadaan pelaku AM dan setelah diketahui keberadaannya di Muara Rupit kemudian dilakukan penangkapan dan pada saat diamankan Pelaku AM mengakui telah memposting Penjual Sepeda Motor Honda Beat warna merah putih tersebut.

“Saat ditanya keberadaan sepeda motor tersebut pelaku akui sepeda motor berada di rumah AG di Dekat rumah pelaku. Sekira pukul 17.00 WIB anggota kemudian menuju ke rumah AG di SP7 Nibung Desa Sumber Makmur Kecamatan Nibung dan sesampainya di rumah AG ditemukan sepeda motor milik korban,” tambahnya.

Menurut Kapolsek, Am saat diinterogasi juga akui bahwa sepeda motor tersebut hanya dititipkan bukan milik AG. “Pelaku dan korban kemudian kami pertemukan dan pada saat dipertemukan korban menyatakan benar bahwa AM adalah salah satu pelaku yang melakukan pencurian sepeda motor miliknya,” tegas Soekany Daulay.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku selanjutnya diamankan di Mapolsek Singkut bersama barang bukti 1 (Satu) lembar STNK motor Honda Beat warna Merah Putih atas nama Rosidah, 1 (Satu) Unit Sepeda motor Honda Beat warna merah putih Nopol : BH 6971 QO, Nomor rangka: MH1JM1116GK106287 dan dengan nomor mesin JM11E1105061. Kemudian 1 Unit Handphone Merek Samsung yang terdapat sebuah akun facebook atas nama BA (Bang Ahmad).

Soekany Daulay juga menerangkan kronologis kejadian pencurian dengan kekerasan tersebut terjadi Minggu (11/8) sekitar pukul 17.00 WIB. Korban pergi dari rumahnya dengan mengendarai sepeda motor milik ayahnya jenis Honda Beat warna merah putih. Saat itu korban berangkat menuju ke Pelawan untuk menjemput adik korban di rumah neneknya di Desa Pelawan.

Di tengah perjalanan korban diikuti oleh dua orang laki-laki dengan mengendarai sepeda motor jenis Honda Beat warna Biru putih. Setelah dua laki-laki ini memepet korban di dekat Simpang TPA Desa Bukit korban langsung disalip dan diberhentikan secara paksa oleh dua orang tersebut dan meminta korban untuk turun dari motor yang kemudian sepeda motor korban langsung di bawa kabur menuju ke arah Singkut.


Penulis: Luncai Hendri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments