Sabtu, 24 Agustus 2019

Lahan Dibakar Warga, Petugas Turun Padamkan Api


Rabu, 14 Agustus 2019 | 14:09:54 WIB


kebakaran lahan
kebakaran lahan / Andi/Metrojambi.com

BANGKO - Aksi pembakaran lahan pada musim kemarau terus dilakukan warga. Padahal petugas telah melakukan himbauan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Hal ini terbukti Selasa (13/8/2019) kemarin, kebakaran lahan masih terjadi di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Jambi. Mendapat informasi ada lahan dibakar, petugas Koramil 420-07 Sungai Manau dibantu kepolisian, Manggala Agni, BPBD dan masyarakat melakukan penelusuran ke lokasi terbakarnya hutan.

Dengan menggunakan peralatan GPS, akhirnya petugas menemukan lahan seluas satu hektare yang telah dibakar warga tak bertanggung jawab. Petugas memadamkan api dengan peralatan seadanya, usai memadamkan api lalu petugas berusaha mencari pelaku pembakar lahan.

Hal ini seperti dijelaskan Danramil 420-07 Sungai Manau Kapten Inf. David Sinaga. Ia mengatakan jika kasusnya sudah diserahkan pihak polsek.

"Sampai di lokasi anggota kita langsung melakukan pemadaman, sementara pelaku pembakaran lahan sudah tidak ada di lokasi. Dan saat ini kasusnya sudah kita serahkan kepada pihak Polsek Sungai Manau," jelas David.

Lebih lanjut Danramil mengimbau agar warga tidak lagi melakukan pembakaran lahan. "Kita mengimbau warga untuk tidak lagi membakar lahan, selain berbahaya juga ada ancaman hukuman bagi pelakunya," pungkasnya. 


Penulis: Andi Kurniawan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments