Minggu, 15 September 2019

Sejumlah Sekolah Gelar Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58


Rabu, 14 Agustus 2019 | 22:48:58 WIB


/ kolase metrojambi.com

JAMBI - Seluruh sekolah mulai jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat yang ada di Kota Jambi, Rabu (14/08) menggelar upacara peringatan hari jadi Praja Muda Karana (Pramuka) ke 58 tahun 2019.

Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Jambi Supardi mengatakan, nama Praja Muda Karana atau Pramuka diberikan oleh sang pendiri, Sultan Hamengkubowono IX yang diambil dari bahasa Jawa yaitu Parang Muko, yang kemudian di Indonesiakan oleh Presiden Soekarno menjadi Pramuka.

"Pramuka pada dasarnya adalah jenis kepanduan, pandu yang untuk Indonesia adalah Praja Muda Karana. Itu berasal dari bahasa Jawa, Parang Muko yang artinya pasukan yang berada di depan," ungkap Supardi, Rabu (14/8/2019).

Menurutnya, arti lainnya dari kata tersebut adalah, Pramuka mempunyai peran penting sebagai perintis jalan bangsa menuju kemajuan.

Menurutnya jika Pramuka bisa maju, maka Indonesia juga akan maju. Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh anggota Pramuka di Kota Jambi mempunyai karakter yang kuat ditiap anggota atau kadernya. "Salah satu syarat menjadi Pramuka adalah karakternya harus kuat," ujarnya.

Sementara itu Kepala SMA 2 Kota Jambi App Sitorus mengatakan, kegiatan Pramuka rutin dilakukan sekolah untuk menanamkan karakter kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab. "Ini sesuai dengan isi Dasa Dharma Pramuka," paparnya.

Kepala SD 181 Eliya Sinarita menambahkan, kegiatan Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib yang diikuti siswa, karena banyak nilai positif yang diajarkan. "Pramuka harus diajarkan sejak dini kepada peserta didik," jelasnya.

Kepala SMP Negeri 16 Arman Danil mengatakan, pihaknya juga secara rutin mengajarkan siswa memperingati hari Pramuka dengan upacara bendera. "Peringatan ini saya lakukan disetiap sekolah saya pimpin," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala SMP 6 Boy Surau. Menurutnya, sekolah terus memberikan pendidikan karakter sesuai kurikulum pembelajaran di sekolah yaitu kurikulum 2013. "Salah satunya dengan kegiatan Pramuka," imbuhnya.

"Kita bangga jadi anggota Pramuka," tambah Kepala SMP Negeri 8, Germilasmawani.

Sementara, Jamil Rusdi, Kepala SMP Negeri 21 menyebutkan, anggota Oramuka selain harus mampu mengusai teknologi yang berkualitas tinggi, juga harus memiliki kepribadian serta budi pekerti serta berfikir kritis dan membangun.

"Sehingga bangsa ini menjadi bangsa yang memiliki budi pakerti," sebutnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments