Jumat, 20 September 2019

Banyak Pindah ke Sekolah Negeri, Siswa Baru SMA DB 4 Tinggal 12 Orang


Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:21:13 WIB


Kepala SMA DB 4 Kota Jambi Syarief Husin
Kepala SMA DB 4 Kota Jambi Syarief Husin / Jay/metrojambi.com

JAMBI – Sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta di Kota Jambi saat ini kekurangan siswa. Salah satunya adalah SMA Dharma Bakti (DB) 4.

Kepala SMA DB 4 Kota Jambi Syarief Husin mengatakan, siswa baru yang saat ini duduk di kelas X tinggal 12 orang, setelah 3 orang mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Namun setelah diselidiki, ternyata 3 siswa tersebut sudah bersekolah di sekolah negeri.

"Awalnya yang daftar 18 orang. Namun hingga saat ini yang aktif belajar 12 orang," ujar Syarief dengan nada kecewa, Kamis (15/8/2019).

Menurut Syarief, sebelumnya siswa yang pindah tersebut telah menyelesaikan administrasi dan sempat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Namun setelah beberapa hari, siswa tersebut tidak pernah lagi datang ke sekolah.
"Kabarnya mereka sudah bersekolah di sekolah negeri," kata Syarief.

Dirinya berharap Dinas pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi mengambil langkah tegas dan menanggapi permasalahan tersebut, sesuai dengan aturan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). "Sekolah negeri tidak menambah kelas," imbuhnya.

Dikatakannya lagi, jika aturan penerimaan siswa baru diikuti dengan baik, maka sekolah- sekolah swasta di Kota Jambi tidak akan kekurangan siswa. "Sekolah negeri diam-diam buka PPDB offline, setelah online ditutup," tandasnya.


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments