Rabu, 18 September 2019

Tanjabtim Masuk Nominasi Verifikasi Tahap II Kabupaten Sehat


Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:31:58 WIB


Wirdayanti Romi dan Riska Andini Robby, mendampingi tim verifikasi kabupaten sehat saat meninjau Puskesmas Kecamatan Geragai
Wirdayanti Romi dan Riska Andini Robby, mendampingi tim verifikasi kabupaten sehat saat meninjau Puskesmas Kecamatan Geragai / Nanang/Metrojambi.com

MUARASABAK – Dari 202 Kabupaten dan kota yang tersebar di 29 Provinsi di Indonesia, Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu daerah yang masuk nominasi verifikasi tahap II.

Yakni verifikasi lapangan untuk meraih penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) tingkat pemantapan, atau yang lebih dikenal dengan penghargaan padapa. Verifikasi lapangan Kabupaten dan Kota Sehat, merupakan verifikasi tahap II setelah sebelumnya pemerintah pusat melakukan verifikasi dokument bersama kementerian terkait.

Seperti Kementerian Dalam Negeri, Kesehatan, PU, Kemendes, dan Bappenas. Adapun penilaian untuk mendapatkan penghargaan padapa sendiri, terdiri dari 9 tatanan dimana dua diantaranya merupakan tatanan pokok yakni tatanan sarana dan prasarana pemukiman dan masyarakat sehat mandiri.

Dalam penilaian tatanan tersebut, tim verifikasi yang diketuai Kristin Darundiyah meninjau beberapa lokasi sebagai sample locus verifikasi. Yakni SMP Negeri 21 Tanjabtim, Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), Puskesmas Kecamatan Geragai, dan Permukiman penduduk di Desa Sidomukti Kecamatan Dendang.

Dalam sambutannya Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto mengatakan, verifikasi kabupaten atau kota sehat merupakan dinamika dan semangat warga.

Sementara Pemerintah Daerah dan legislatif dalam hal ini, hanya berperan memberikan pembinaan dan memfasilitasi potensial yang ada.
“Pencapaian ini merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus, untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas lingkungan baik fisik, sosial, maupun budaya,” papar Bupati Romi.

Hal senada juga dikatakan Ketua TP PKK Wirdayanti Romi, kabupaten sehat merupakan tujuan setiap pemerintah daerah tak terkecuali Kabupaten Tanjabtim.

Adapun nominasi untuk mendapatkan penghargaan padapa sebagai kabupaten sehat tingkat nasional, merupakan semacam bentuk apresiasi atau cambuk dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mewujudkan kabupaten atau kota sehat.

“Tanpa adanya penghargaan kabupaten sehat pun, kami pasti mengusahakan untuk mewujudkan Tanjabtim yang sehat. Karena dengan kabupaten yang sehat, akan meningkatkan berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Terlebih hal ini juga telah menjadi bagian dari visi dan misi Pemkab Tanjabtim,” jelas Wirdayanti Romi.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments